Cara Mancing Belut 4.5/5 (2)

Meski nampak menjijikkan banigi sebagian orang, tetapi jangan salah jika daging belut menyimpan banyak gizi . Dagingnya pun bisa diolah untuk beraneka macam kuliner yang enak dan gurih. Tak jarang juga dipakai untuk umpan memancing lele galatama.

Belut merupakan ikan air tawar dengan daya tahan yang tinggi meski berada dalam situasi oksigen dan air yang rendah tetapi ikan ini masih bisa lincah.

Cara Mancing Belut Besar

Bagaimana cara paling mudah untuk mancing belut yang punya ukuran besar atau babon ? Belut di habitat alaminya tergolong pemakan daging, cacing, ikan kecil sering dijadikan makanan bagi belut. Giginya yang lumayan tajam begitu mudah mengoyak tubuh makananannya.

Sebelum mencoba untuk memancing belut tentu wajib mengerti bagaimana karakter tempat tinggal atau tempat asalnya. Untuk yang berdiameter kecil biasa sering berada disawah dan selokan irigasi dipinggir sawah.

Habitat Alami Belut di Alam Liar

Di mana letak habitat alami yang banyak belut di alam liar ? Untuk belut dengan diameter lumayan umumnya dapat dijumpai dipinggir sungai dan di danau. Sedangkan ukuran besar mampu membuat mencari tempat yang lebih merata untuk memperoleh makanan sesuai dengan diameternya.

Jika sedang berkawin umumnya akan mencari tempat yang lumayan tidak terlalu dalam. Belut umumnya akan membentuk lubang seukuran badannya supaya mudah untuk memperoleh makanan. Berikut ini beberapa kriteria dari lubang belut.

  • Lubang yang dibentuk oleh belut sedikit terdapat air jika berada dipinggir sungai dan irigasi sawah. Namun jika musim kemarau lubangnya agak berlumpur.
  • Umumnya belut jika tidak diusik akan sering muncul dan masuk kedalam. Jika memancingnya maka hewan ini akan berupaya memperoleh umpan yang diberikan dengan mencoba meraihnya kepermukaaan.
  • Bentuk lubang belut umumnya lingkaran kedalam dengan permukaan sedikit becek berlumpur serta pada bagian pinggir lubang telihat bersih dan rata.
  Umpan Ikan Gurame

Mempersiapkan Alat Buat Mancing Belut

Apa saja persiapan yang dibutuhkan sebelum mulai mancing belut ? Memancing belut tidak seperti memancing pada biasanya, cukup memakai senar tanpa wajib memakai joran dan reel. Cukup cari lubang yang berpotensi ada isinya lalu mainkan umpan dengan tangan kosong.

Tentukan Ukuran Senar Pancing Belut

Berapa ukuran senar paling direkomendasikan untuk mancing belut sawah dan sungai ? Belut mempunyai ketajaman gigi yang lumayan, maka sarannya gunakan wire/kawat neklin stainless steel tunggal. Untuk ukuran senar pancing belut ada baiknya sekitar satu meter atau disesuaikan dengan tangan.

Jika tidak memakai leader dengan kata lain ingin membuat rangkaian lepas atau glosoran maka lebih berkualitas ukuran senar pancing belut menggunakan 3 lilitan hingga dirasa cukup kuat menahan goresan gigi tajam.

Untuk tipe senar dapat memakai mono dan multifilamen. Namun sebagian besar pemancing belut memakai mono yang dililit dengan 3 bagian kuat dengan ukuran senar pancing belut sesuai genggaman.

Menggunakan Kail Pancing Belut Yang Bagus

Seperti apakah bentuk kail pancing untuk mancing belut yang bagus ? Kail untuk mancing belut tidak sama dengan kail memancing ikan. Karena posisinya di dalam tanah sehingga membutuhkan kail pancing belut yang bagus agar tidak mudah patah saat ditarik. Tarikannya yang berat terbukti mampu membuat kail mudah rusak jika memakai kualitas biasa.

Untuk membuat sendiri kail pancing belut yang bagus bisa memakai kawat baja berukuran kecil.  Kawat terbaik untuk kail belut buatan bisa diperoleh dari ban dalam sepedah atau kabel telepon.

Bahan 

  • Senar pancing ukuran 0,45 mm,
  • Kawat baja kecil, bisa diperoleh di dalam ban sepeda atau kabel telepon.
  • Tang,
  • Gerinda.
  Umpan Mancing Ikan Gabus

Cara Membuat Kail Pancing Belut yang Bagus

  1. Potong kawat dengan diameter panjang kira-kira 5 cm.
  2. Potong senar pancing sepanjang 3,2 meter karena nantinya senar akan di dobel sampai 4 lapis. Atau bisa juga menggunakan senar PE.
  3. Bengkokkan ujung kawat hingga berbentuk huruf “j”. Kemudian asah / tajamkan ujung kawat tersebut.
  4. Kemudian lipat senar menjadi empat (2×2) lalu ikat pada pangkal kawat dengan kuat. Selanjutnya senar di linting menjadi satu yang mana panjangnya menjadi 80 cm, selesai.

Beberapa alternatif lain dalam bahan membuat pancing belut ialah memakai senar layangan jika tidak punya senar pancing. Jika tidak mau ribet melinting senar pancing bisa juga langsung memakai senar pancing PE ukuran 3.0, tanpa perlu dibuat dobel.

Mengenai mata kail untuk mancing belut, bisa juga mencoba memakai kail pancing untuk ikan nila dengan syarat kail dua biji dijadikan satu.

Memilih Umpan Belut Paling Jitu

Apa saja umpan untuk mancing belut sawah dan sungai paling jitu ? Karena termasuk jenis karnivora tentu pakan yang dipakai umpan belut paling jitu berbahan alami sepert cacing tanah, daging siput, dan ulat tanah. Jika ingin mencoba yang umpan belut lebih ampuh bisa mencoba memakai kuning telur bebek yang busuk.

Cara pemasangan umpan telur untuk mancing belut bisa dengan mengambil kapas dan ikatkan pada kail sampai tidak mudah terlepas. Selanjutnya tinggal masukkan kedalam telur dan umpan belut paling jitu siap digunakan.

Cara Mancing Belut di Sawah

Sebelum mulai mencari belut di sawah harus tahu dulu seperti apa bentuk lubang tempat tinggalnya. Karena di sawah itu kan banyak binatang lain yang membuat lubang seperti belut seperti kepiting hingga ular.

  Cara Menangkap Belut Sawah

Maka perlu tahu seperti apa bentuk lubang supaya cara mancing belut di sawah paling jitu ini tidak menjadi petaka karena mendapatkan ular.

Ciri-ciri lubang belut sawah

  • Teksturnya rata dan sisi sisinya lembut,
  • Bentuknya lingkaran nyaris sempurna,
  • Lubangnya menjorok ke bawah, bukan ke samping.

Cara Memancing Belut Besar di Sawah

  1. Masukkan kail pancing yang telah diberi umpan secara pelan-pelan ke dalam lubang .
  2. Tunggu hingga umpannya di makan, umumnya senar akan sedikit ditarik ke bawah.
  3. Tunggu sekitar 15 detik agar umpan termakan secara penuh.
  4. Selanjutnya tarik senar secara perlahan agar tidak berontak saat keluar.
  5. Jika belut melawan dan terasa sulit, atasi dengan mengorek daerah sekitar lubang.

Dalam mancing belut di sawah ada baiknya memakai sarung tangan supaya tangan tidak cedera. Persiapkan juga kain kasar untuk memegang setelah di pancing, agar tidak licin saat dipegang untuk melepaskan kail.

Cara Mancing Belut di Sungai

Caranya sangat mirip dengan di sawah, perbedaan utamanya hanya pada waktunya yakni hanya pada malam hari. Untuk senar mancing belut di sungai bisa menggunakan PE ukuran 30 agar tidak mudah putus.

Pada malam hari carilah lubang di sekitar sungai dengan menggunakan senter dan perhatikan apakah ada belut yang keluar.

Jika sudah kelihatan, maka bisa langsung masukkan mata kail yang telah diberi umpan. Biasanya belut akan langsung mengkonsumsi umpan tersebut. Dan tunggu sampai umpan termakan secara penuh karena belut sungai lebih liar dari sawah serta mempunyai gigi lebih tajam.

Please rate this

Terakhir Update

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!