Cara Mancing Ikan Gabus

Cara Mancing Ikan Gabus di Danau dan Rawa Paling Jitu – Ikan gabus ialah salah satu ikan air tawar yang termasuk kanibal. Jika saat dalam kepepet serta persediaan makanan di alam kurang mencukupi. Bahkan bisa saja mengkonsumsi sesama jenis gabus lain sebagainya yang di anggap lemah dan kecil.

Karena hal tersebut, jika kata orang dahulu, orang yang lagi mengandung sangat tidak di sarankan makan ikan ini. Pakan utama ikan gabus ialah segala jenis ikan kecil, serangga, berudu dan kodok kecil.

Cara mancing ikan gabus di rawa dan danau

cara-mancing-ikan-gabus-di-danau

Ikan gabus sering juga disebut kuthuk atau dengel dan tergolong dalam keluarga channidae. Cara mancing ikan gabus di rawa atau danau terhitung susah-susah gampang, beragam teknik bisa digunakan mulai dari metode sederhana hingga metode casting.

Baca nih : Kumpulan umpan mancing ikan gabus paling direkomendasikan

Mula-mula yang mesti dikasihkan yaitu peralatan mancing yang meliputi stick pancing/joran yang kokoh. Sebaiknya pakai joran yang terpasang reel agar dapat membuang umpan cukup jauh. Sementara senar pakai yang kuat paling tidak bisa membuat tertarik beban sekitar 50 pound atau 25 kg.

Teknik mancing ikan gabus di sawah

teknik-mancing-ikan-gabus-di-sungai

Dalam ekosistem rawa dan sawah (karena keduanya mempunyai kondisi yang cukup menyerupai). Perlu untuk tahu tidak hanya ikan gabus sang predator utama dalam ekosistem tersebut.

Ada ular yang pun kerap menangkap mangsa yang sangat menyerupai ikan gabus. Jadi, untuk melempar umpan saja, wajib mengandalkan insting dan pengalaman. Jangan sampai, tempat yang dilemparkan umpan ternyata ialah sarang ular.

Selain pemilihan tempat melempar umpan, wajib tahu trik casting yang tepat. Casting ialah meracik umpan seolah-olah hidup dengan menggerak-gerakkannya pelan-pelan.

Ikan gabus termasuk jenis predator , sehingga sangat suka mangsa yang masih hidup. Karena faktor-faktor tersebut, perlu menggoyangkan umpan yang sudah dilempar pelan-pelan. Supaya terkesan seperti masih hidup.

Ciri ikan gabus liar

Ikan gabus liar banyak ditemui di sungai dan parit, rawa dan danau. Ikan gabus mampu hidup besar dan mampu mempunyai panjang hingga 1 meter dengan bentuk kepala gepeng kecoklatan hampir menyerupai ular.

Rasa daging gabus sangat enak dan gurih dan bisa untuk di jadikan sarana pengobatan beraneka macam jenis penyakit.

Warna ikan gabus liar hitam baik dari kepala sampai ekor dan bagian bawah mempunyai warna putih yang sedikit kekuningan. Ikan gabus akan sulit untuk di bedakan jika saat berada dalam air yang tidak jernih.

Selain hal tersebut,mulut yang besar.amat gampang untukmelahap beraneka macam jenis ikan kecil serta umpan mancing yang digunakan.

Cara mancing ikan gabus di empang dan sungai

cara-mancing-ikan-gabus-di-sungai

Untuk memancing ikan gabus di empang, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan sebelumnya. Diantaranya ialah joran yang tidak kaku, dan senar pancing yang tidak terlalu tebal. Karena ikan di empang tidak sebesar yang terdapat di laut.

Sedangkan untuk cara mancing ikan gabus di empang dan sungai , dapat memakai teknik casting yang dapat dipakai dimana saja dan akan cepat. Caranya ialah dengan melemparkan umpan sejauh mungkin selanjutnya menarik kembali umpan tersebut, lakukan langkah tersebut hingga memperoleh ikan.

Tambah informasi : Tips agar acara mancing di sungai tidak boncos

Waktu paling tepat mancing ikan gabus

Waktu jam mancing ikan gabus sebetulnya bisa dilakukan kapanpun,baik malam dan siang hari. Tetapi di antara waktu tersebut ada waktu yang paling jitu untuk memperoleh ikan gabus yang sangat banyak.

Masih sesuai pengalaman,mancing ikan gabus akan lebih berkualitas pada malam hari dan saat sinar bulan sedang gelap. Saat inilah yang paling jitu.sebab malam hari umumnya ikan gabus berkeliaran mencari makan.

Teknik mancing ikan gabus

cara-mancing-ikan-gabus-di-rawa

Memancing ikan gabus dengan teknik dudul / nge-dudul ini sebetulnya telah banyak dikerjakan oleh orang tua jaman dahulu. Belajar mancing ikan gabus dengan teknik ini belajar dari orang-orang tua waktu masih kecil mancing.

Teknik ini memakai piranti joran tegek atau jaman dulu orangtua menjadikannya dari sebatang bambu yg di raut. Lalu di ikatkan dengan seutas senar mono dan memakai umpan kodok hidup ataupun mati.

Spot yg ideal untuk mancing dengan teknik seperti ini ialah daerah persawahan ataupun daerah rawa2. Biasanya yg banyak di tumbuhi tanaman air seperti : eceng gondok, teratai, matalele, kapu-kapu, dll.

Cara mancing ikan gabus di rawa  dan danau dengan teknik ini yakni dengan mendudul atau menyelupkan umpan ke air lalu diangkat lalu dicelupkan lagi. Dikerjakan dengan menggunakan cara seperti ini (celup-angkat-celup- angkat) seolah-olah seperti kodok yg sedang ketakutan atau kodok yg sedang lompat-lompat.

Teknik mancing ikan gabus pake pelampung

Memancing ikan gabus dengan teknik pelampung ini sangat menyerupai dengan menggunakan metode mancing lainnya saat di rawa atau danau. Yakni dengan umpan kodok hidup atau dengan umpan daging keong atau kerang kerang yg dikaitkan ke mata kail.

Selanjutnya lempar ke spot yg diharapkan dan diberi pelampung (umumnya pelampung ukuran besar) sebagai tanda ikan telah mengkonsumsi umpan.

Teknik teger / neger untuk mancing ikan gabus

Memancing ikan gabus dengan teknik teger / neger ini umumnya dikerjakan oleh pencari ikan yg tujuannya untuk dijual. Teknik ini memakai joran terbuat dari bambu dengan panjang umumnya 100cm / 1 meter diikatkan dengan senar nylon tebal.

Dan pemancing teger ini melepas pancingannya dengan jumlah banyak bisa mencapai 200 – 300 pancing teger. Penancapan biasanya di sekeliling empang / rawa dan umumnya dikerjakan senja hari . Selanjutnya akan di angkat besok paginya ikan yg terkena pancing teger ini umumnya sudah keburu mati waktu mengangkat tegeran itu.

Last Updated

Leave a Comment