Cara Mancing Ikan Nila

Ikan nila (oreochromis niloticus) ialah jenis ikan air tawar yang kerap dibudidayakan karena mempunyai nilai ekonomisĀ  cukup tinggi.

Jenis ini tergolong hewan omnivora yang umum mengkonsumsi plankton dan tanaman air. Sifatnya yang rakus membuat perkembangan terbilang lebih cepat dari jenis lain.

Persiapan Sebelum Mancing Ikan Nila

Tidak sedikit para pemancing ikan air tawar yang sangat suka nila dan memburunya. Selain karena kelezatan dagingnya, sensasi tarikannya juga lumayan seru. Umpan mancing ikan nila yang umum digunakan contohnya lumut, cacing, jangkrik, dan orong-orong.

Sedangkan untuk memancing di tambak, wajib memakai umpan pelet sebab terbiasa mengkonsumsi pelet saat dibudidaya.

Menerapkan Sistem Bom Umpan Ikan Nila

Bom umpan berkhasiat untuk memikat perhatian ikan agar berkumpul di satu titik. Jenis bom umpan yang paling cocok bisa menggunakan bekatul dan beras ketan. Agar baunya menyengat tajam sebaiknya tambahkan esens buatan atau terasi udang.

Bom umpan ini dilemparkan sejumlah 3-5 bundaran sebelumnya, selanjutnya secara tahap demi tahap taburkan 1 bundaran untuk mempertahankan ikan tetap berkumpul di spot tersebut.

Umpan Ikan Nila Kolam

Pemilihan Joran Terbaik Untuk Ikan Nila

Paling pas memancing ikan nila menggunakan joran tegek berukuran antara 360-450 cm. Lengkapi joran tadi dengan senar berdiameter 0,5 mm dengan kemampuan sekitar 40 lbs. Untuk ukuran kail bisa menggunakan antara dua sampai enam tergantung besarnya ikan. Pasang pula pelampung di dekat kail karena ikan nila termasuk jenis kambangan bukan dasaran serta agar mudah dideteksi saat umpan termakan.

Waktu Yang Tepat Untuk Mancing Ikan Nila

Ikan nila liar umumnya tinggal di perairan yang banyak terkandung lumpur seperti di sawah, sungai, atau danau. Waktu pemancingan ideal antara lain pagi hari saat belum terlalu panas sekitar jam tujuh sampai delapan pagi.

Sedangkan pada siang bisa memilih diantara jam sepuluh sampai satu siang. Dan waktu paling ideal untuk mancing ikan nila yakni pada sore hari jam tiga sampai enam sore.

Umpan Ikan Nila Garung

Cara Mancing Ikan Nila Besar

Nila tergolong tipe omnivora yakni pemakan segala, untuk mancing ikan nila para pemancing dapat memakai umpan seperti cacing besar, laron atau umpan alami seperti lumut. Cara mancing nila terbilang mudah berikut adalah tipsnya.

  1. Sama halnya dengan mujair, nila merupakan pemakan segala. Namun, yang paling baik untuk dijadikan umpan mancing ikan nila ialah lumut lembut berwarna hijau
  2. Hal pertama yang wajib diperhatikan saat memancing ikan nila dan mujair ialah, mencari lubang di daerah tepian agak dangkal dan berisi tanaman air.
  3. Piranti pancing yang dipakai,bisa memakai senar ukuran 4-8 lbs, dengan ukuran mata kail sekitar 7-11 lbs.
  4. Memancing ikan nila dapat memakai pancingan tegeg tanpa ril. Dengan rangkaian seperti mancing ikan mas berpelampung, model pelampung boleh lingkaran atau model bulu dengan pemberat sebesar biji kedele.
  5. Pertama-tama setel pelampung sepanjang kedalaman rata-rata pada sungai atau kolam, lalu tenggelamkan secara secara pelan ke perairan. Lihat posisi pelampungnya, pindahkan ke atas jika kurang dalam.
  6. Perhatikan bila pelampung mendadak tenggelam lebih dalam, bila lubangnya berpenghuni maka akan membuat pelampung bergerak-gerak dan tinggal menyentak jorannya.

Umpan Mancing Ikan Nila Liar

Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

Metode atau cara berikut ternyata sangat ampuh sebagai cara mancing ikan nila yang susah atau mogok makan. Ikan nila liar hidupnya selalu bergerombol, baik ketika berenang ketepian ataupun pada saat berenang di daerah kedalaman namun saat mau makan biasanya akan ke pinggiran.

Jika memancing di daerah pinggiran (daerah tidak terlalu dalam) tidak berhasil. Bisa diharap untuk memastikan bahwa semua ikan nila sudah di kedalaman secara bergerombol.

Memancing ikan nila sebetulnya akan cepat ketika sudah musim hujan. Karena tipe hewan air tawar ketika hujan kandungan oksigen di dalam air terus sangat meningkat, akhirnya semua jenisĀ  ikan air tawar gampang lapar.

Selain mudah lapar, ikan nila juga mempunyai kebiasaan untuk berenang ketepian mengikuti volume air yang semakin sangat meningkat. Oleh sebab itu, memancing di bawah jatuhnya air hujan yang deras akan semakin memudahkan bagi para pemancing.

Saat saat musim hujan juga, ikan ini akan lebih sering berenang ketepian. Meskipun umpan nila sederhana, dan tidak menggunakan resep khusus ataupun esen umpan. Sudah pasti nila akan menyambar kail pancing yang telah dilempar.

Umpan Ikan Mas Subang

Cara Memancing Ikan Nila Dengan Cepat

Teknik untuk cara mancing ikan nila dengan cepat yang tidak mau makan ialah coba lemparkan kail umpan melewati kerumunan. Lalu harap untuk memastikan umpan sampai ke dasar air, selanjutnya tarik secara pelan.

Maksudnya agar ketika kail umpan ditarik secara pelan, cacing atau lumut umpan akan bergoyang-goyang, sehingga terlihat oleh nila.

  1. Silahkan buat keadaan air supaya agak sedikit keruh
  2. Lalu harap memastikan keadaan air berjalan lancar, dimaksudkan untuk kadar oksigennya maksimal
  3. Gunakan umpan cacing cau atau yang hidup di pohon pisang membusuk. Selain hal tersebut bisa juga memakai umpan dari lumut. Namun perlu terlebih dahulu lumut digabung garam supaya menjadi lebih lembut.
  4. Gunakan joran yang mudah melempar umpan, dengan ukuran bandul jangan terlalu besar gunakan bandul kecil saja bertujuan supaya waktu dilempar ikan tidak lari karena tersentak bunyi bandul kedalam air.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Leave a Comment

error: Content is protected !!