Cara Mancing Ikan Tombro

Cara mancing ikan tombro memang menjadi primadona para pemancing kolam maupun sungai. Bukan hanya karena tarikannya yang kuat, namun juga karena warna dari ikan begitu menawan serta rasanya yang lezat membuat ikan ini banyak diburu.

Ikan mas atau tombro bukan lah ikan asli indonesia, ikan mas masuk indonesia pada tahun 1920an. Selain tarikanya yang memberikan sensasi yang wah, ikan tombro juga lebih sulit di pancing dibanding dengan tipe ikan lainya.

Cara mancing ikan tombro di kolam

cara-mancing-ikan-tombro

Memancing ikan tombro memang memerlukan kesabaran. Terutama jika berukuran besar karena terkadang suka nampak berenang ke sana kemari namun tidak makan umpan. Untuk mengatasinya bisa memakai cara mancing ikan tombro di kolam dengan umpan yang tepat.

Ikan tombro banyak ditemukan di alam liar seperti sungai dan danau. Dengan keadaan air yang masih jernih dan berarus deras tetapi terkadang di arus tenang di dataran tinggi atau pegunungan.

Karena tempat aslinya berada di peredaran sungai yang deras ada baiknya gunakan timah pemberat supaya umpan tidak bergeser dan terbawa arus. Selain itu disarankan memakai crane swipel untuk meminimalkan senar kusut karena derasnya arus.

Gunakan juga reel serta joran yang panjang, dengan maksud dapat mencapai spot potensial yang kalian tuju.

Teknik mancing ikan tombro di sungai

Untuk memancing ikan tombro sebisa mungkin memakai joran yang lentur dan dilengkapi dengan rel. Teknik mancing ikan tombro di sungai sangat tergantung pada jenis senar. Semakin besar senar semakin ketahuan dan tidak mau makan, jadi sebisa mungkin memakai senar berukuran di bawah 0.18mm.

Karena memakai senar kecil maka rel mempunyai peran untuk menampung senar yang panjang. Jadi jika umpan di makan oleh indukan babon bisa menghajarnya sampai lemas.

Gunakan pelampung, karena tombro bukan jenis dasaran. Atur kedalaman umpan sesuai keadaan air, ikan tombro jarang sekali berenang di dasar air. Atau bisa tidak memakai pelampung yakni dengan menahan senar dengan jari .

Dan rasakan getaran senar ketika umpan disentuh olehnya. Cara ini memang lebih susah akan namun mempunyai sensasi yang wah. Mancing di alam bebas memang lebih mengasikan di bandingkan di kolam. Namun mancing seperti di rawa, sungai maupun danau tidak semudah di kolam.

Mungkin akan di buat jengkel karena ikan terlihat berenang kesana kemari namun tak mau mengkonsumsi segala tipe umpan racikan yang diberikan.

Cara Mancing Ikan Mas Ngambang

Umpan ikan tombro liar

Umpan yang dapat digunakan berupa belalang, ulat, jagung, umbi-umbian(rebus sebelumnya). Namun berdasarkan para pemancing umpan ikan tombro liar paling jitu ialah umbi-umbian dan jagung termasuk paling jitu.

Ada juga pemancing yang menggunakan kulit kelapa sawit sebagai umpan. Pemakaiannya bisa di kukus sebelumnya, juga bisa diiris belum matang-belum matang dan langsung dikaitkan ke mata pancing.

Untuk pemakaian jagung kalian bisa merebus jagung sebelumnya lalu ambil dagingnya dan kaitkan langsung kekail. Atau juga bisa daging jagung diparut sampai lembut selanjutnya digiling supaya pulen dan sangat sulit hancur, lalu bentuk bundar kecil-kecil seukuran kail.

Karena umpan jagung sangat gampang hancur terbawa arus. Periksa umpan secara teratur minimal 15 menit. Sedangkan dua jam untuk umpan umbi-umbian serta kulit kelapa sawit. Supaya ikan lebih terpikat menyantap umpan beri taburan umpan disekitarnya atau pemancing biasa menyebut dengan istilah umpan bom.

Umpan Mancing Ikan Tombro

Habitat Asli ikan tombro

Habitat ikan ini berada di sungai-sungai yang berperedaran deras di dataran tinggi dengan situasi air jernih. Tetapi sangat disayangkan akibat hancurnya habitat asli ikan tombro membuat populasinya saat ini sangat memprihatinkan bahkan dapat dikatakan hampir punah.

Akibat penangkapan yang berlebihan, hal tersebut menjadi pemicu sudah jarang sekali ditemukan di alam bebas, biarpun ada ukurannya sangat kecil.

Kerabat ikan mas ini menjadi bahan pangan populer diberaneka macam negara karena rasanya yang enak dan gurih. Dan panjang maksimal bisa mencapai ukuran 1 meter, tetapi saat ini ukuran yang banyak ditemui hanya sekitar 30 cm.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Updated

Leave a Comment

error: Content is protected !!