Cara Mancing Kepiting Bakau

Cara mancing kepiting bakau di sungai tergolong unik karena untuk memancingnya tidak memakai mata pancing. Melainkan hanya memerlukan joran, senar dan umpan saja.

Untuk memancing kepiting disungai butuh umpan yang manjur, umpannya pun tidak sama dengan yang kerap dipakai. Untuk memancing ikan bukan cacing ataupun udang melainkan ikan asin.

Cara Mancing Kepiting Bakau di Empang

Cara mancing kepiting di empang bisa menggunakan umpan jitu yakni ikan asin. Hampir semua jenis ikan asin bisa dipakai untuk dijadikan umpan mancing kepiting disungai. Karena memang ikan asin ialah umpan paling manjur jadi bisa gunakan umpan ini supaya bisa memperoleh lebih banyak kepiting.

Rajungan ialah spesies dari kepiting, akan tetapi rajungan umumnya hidup di laut, bahkan jarang rajungan yang berenang ke permukaan. Sedangkan kepiting hidup di air tawar dan sering berjalan ke permukaan atau ke pinggir-pinggir pantai.

Pada umumnya, rajungan mempunyai capit yang lebih pipih dan panjang, tetapi kepiting justru sebaliknya, yakni mempunyai kaki lebih pendek. Tetapi banyak nelayan yang tetap mancing kepiting rajungan untuk dijual ke beberapa rumah makan supaya dijadikan sebagai makanan seafood yang lezat.

Waktu yang tepat mancing kepiting di Empang

Waktu paling tepat untuk mancing kepiting maupun rajungan yakni di malam hari saat subuh hingga matahari akan terbit. Karena pada saat ini rajungan akan naik ke permukaan air.

Untuk lokasi yang tepat, umumnya di daerah hutan bakau, di sungai, maupun di dekat danau. Alat yang umum dipakai yakni joran bamboo yang mempunyai panjang 1,5 hingga 2 meter.

Selain beberapa tips di atas, ada teknik lain yang wajib dipersiapkan juga sebelum memancing rajungan, salah satunya dengan menentukan umpan yang tepat.

Kepiting dan juga rajungan ialah binatang yang dapat dibilang cukup ganas dan juga rakus. Karena hal tersebut jika ingin memasak rajungan ini ada baiknya kasihkan juga umpan yang menarikĀ  dan cukup jitu.

Tips Mancing di Sungai

Mencari spot mancing kepiting di Empang

Jika ingin menemukan kepiting yang berukuran jumbo maka cara termudah bisa mencari spot mancing di daerah hutan bakau, sekitar pintu air pada bendungan, dan lingkungan pertambakan. Semakin jernih keadaan air di dalamnya, umumnya makin bertambah pula kepiting yang berada di lokasi tersebut.

Sebaliknya cara di dalam mencari spot mancing kepiting hindari sungai yang keadaan airnya tengah surut, nampak kotor.

Cara menangkap kepiting Bakau dengan batu

Sebenarnya cara yang kedua bukan mancing, lebih tepatnya menangkap secara langsung di empang, pada dasarnya kepiting bakau merupakan tipikal yang gampang marah. Untuk itu manfaatkan kelemahan satu ini. Ketika kepiting sedang marah makaakan mencapit musuhnya dengan sangat kuat sampai musuhnya tak berdaya dan mati.

Yang paling penting wajib memahami posisi kepiting buruan karena tak mungkin memancing tapi menangkapnya. Sebelum menangkapnya siapkan tali untuk mengikat umpan. Dalam menangkap kepiting tidak membutuhkan joran, gunakan batu sebagai umpan lalu ikat pada tali nilon.

Kemudian tempelkan batu dengan kepiting, ia akan menduga batu ialah musuh dan akan menjepitnya. Saat batu dijepit gerak-gerakan batu seolah-olah musuhnya berontak dan kepiting akan lebih kuat menjepit batu tersebut.

Umpan Ikan Keting Sungai

Teknik mancing kepiting Rajungan

Sederhana saja untuk memancing kepiting/rajungan ini, masukkan tali pancing di sepot yang diprediksi menjadi tempat persembunyian kepiting dan rajungan. Pastikan umpan tenggelam di dasar air.

Tanda bahwa umpan dikonsumsi oleh kepiting adalah tali senar yang tadinya kendur akan menegang. Jangan langsung mengangkat joran dengan gerakan yang cepat karena pasti bakal merusak mulutnya. Kemudian sesudah kepitingnya sudah kelihatan, silakan gunakan jaring serok untuk menangkapnya.

Last Updated