Cara Menangkap Belut Sawah

Mencari belut merupakan sebuah hobi atau kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi yang tinggal di pedesaan. Karena belut tergolong masih banyak di pedesaan terutama di daerah sawah dan sungai. Namun ternyata cara menangkap belut sawah tidaklah semudah yang dibayangkan.

Entah itu di sawah maupun di sungai, wajib tahu trik mencari belut supaya usaha tidak sia sia. Sebuah cara yang sangat terkenal untuk menangkap belut diantaranya ialah dengan memancing atau ngurek. Tetapi tahukah bahwa ada beraneka teknik yang lain untuk memperoleh belut sawah jumbo di sawah atau di sungai.

Cara Menangkap Belut Sawah dan Sungai dengan Mudah

Lalu apa saja cara yang benar dan benar? Dibawah sudah sedikit terangkum beraneka cara menangkap belut sawah dan sungai yang bisa dilakukan sendiri.

Panduan yang dibawah ini terbilang sederhana tetapi sudah terbukti dapat membantu dalam mencari belut mulai dari yang ukuran kecil hingga ukuran monster.

Berikut dibawah ini sebuah metode tersebut.

1. Cara Menangkap Belut Yang Benar

Ini ialah cara klasik dan paling biasa untuk menangkap belut yang benar, yakni dengan menggunakan pancing.

Teknik ini juga lazim disebut dengan ngurek, karena diwajibkan ngurek (membesarkan) lubang sarang belut sebelumnya baru memasukkan kail pancing yang telah di kasih umpan ke dalam lubangĀ  tersebut.

Amati hingga belut mengkonsumsi umpan, tetapi jangan langsung menarik senar pancing. Tunggu sekitar 15 detik baru bisa tarik senar pancingnya, karena saat itu bisa saja belut sudah mengkonsumsi umpan dengan sempurna.

Cara berikut cocok bagi yang memang hobi mancing, sensasi tarikan belut sangat menegangkan apalagi tarikan berukuran jumbo.

Cara Mancing Udang Galah Air Tawar

2. Cara Tangkap Belut Sawah

Untuk cara keduauntuk tangkap belut sawah ialah dengan memakai pipa paralon atau pvc. Prinsip kerja jebakan belut ini sangat mirip bubu, yakni memancing belut untuk masuk ke dalam pipa. Selanjutnya membuat belut terjebak di dalamnya.

Cara pembuatan pipa paralon untuk menangkap belut juga gampang, itulah sebabnya kini alat ini lebih sering dipakai daripada bubu. Jika tidak mau repot repot membuat bubu dari anyaman bambu, alternatifnya bisa membuat jebakan belut dari pipa ini.

Selain sederhana, bubu dari pipa paralon juga awet dan bisa memanfaatkan bekas pipa yang tak terpakai.

Untuk membuat pipa penjebak , siapkan pipa pvc ukuran diameter 3 inci dan panjang 1,5 meter. Kemudian tutup salah satu ujungnya, dapat memakai dop atau kawat ram.

Lalu lubangi paralon tersebut dengan diameter kecil kecil saja, dapat memakai obeng plus yang dipanasi atau di bor. Lubang ini berfungsi supaya paralon tidak mengapung ketika di masukkan ke dalam air.

Sedangkan teknik tangkap belut sawah memakai pipa paralon ialah langsung masukkan pipa ke dalam sungai atau sawah yang tergenang dalam posisi miring. Pastikan ujung paralon yang tertutup supaya sedikit diatas permukaan air.

Sedangkan pada ujung yang lain (yang terendam) masukkan beberapa kepal tanah liat untuk menghalangi belut keluar dari paralon.

Faktanya belut kesusahan atau mungkin tidak mau keluar lagi setelah menembus tanah liat tersebut. Sehingga belut akan terjebak di dalam pipa paralon, metode ini juga bisa dikerjakan tanpa memakai umpan sekalipun.

Waktu yang tepat untuk menjebak belut sawah dengan paralon sebisa mungkin mulai dari sore dan di cek saat pagi. Hal ini dikarenakan belut ialah binatang yang buang airtivitas di malam hari.

Cara Mancing Belut

2. Cara Unik Menangkap Belut

Cara menangkap belut sawah yang pertama cukup unik yakni dengan menggunakan alat yang bernama bubu. Alat jebakan ini terbuat dari anyaman bambu ini sudah ada banyak dipakai.

Karena bubu dapat dipakai untuk menjebak beraneka macam tipe binatang di sungai, seperti ikan kecil, udang hingga kepiting. Namun jika ingin mencari belut memakai bubu, maka jangan mencari di sungai melainkan di sawah.

Teknik unik menangkap belut dengan bubu ialah cukup dengan meletakkan bubu di sawah. Pastikan juga bagian bubu sedikit terendam air dan lumpur, selanjutnya masukkan umpan berupa cacahan keong sawah di dalamnya.

Pasang jebakan ini sewaktu sore hari, barulah esok pagi harinya dilihat hasil tangkapan.

Cara Mancing Ikan Nila

4. Cara Menangkap Belut Tanpa Pancing

Dalam penerapan cara keempat ialah tanpa alat pancing hanya memanfaatkan batang bambu. Prinsipnya sangat mirip bubu dari anyaman bambu ataupun pipa paralon.

teknik ini hanya sebagai alternatif yang lain yang juga mudah untuk dikerjakan dan tanpa biaya. Apalagi jika tinggal di desa yang masih terdapat banyak pohon bambu.

Metode penggunaan jebakan belut ini sama saja dengan jebakan bubu. Taruh dalam genangan air / lumpur di sawah sewaktu sore hari, lalu lihat hasilnya ketika pagi hari.

Jika ingin memiliki hasil yang banyak, maka buatlah banyak jebakan. Umpan yang cocok untuk dimasukkan dalam jebakan ini ialah cacahan keong sawah, cacing tanah atau anak katak.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Last Updated

Leave a Comment

error: Content is protected !!