Teknik dan Umpan Ikan Cendro

Ikan cendro dengan nama ilmiah tylosurus crocodilus bertempat asli dekat permukaan air (pelagis) dengan karakter penyendiri atau soliter. Panjang ikan ini bisa sampai 1 m tetapi rata-rata antara 60 hingga 70 cm. Cendro ialah predator permukaan ikan kecil yang berenang di permukaan air.

Selain memakai layang-layang, menangkap cendro pun bisa dengan jaring hanyut (jaring apung). Wilayah sebarannya terdapat di sepanjang pantai di selatan jawa, pantai barat sumatera, selat sunda dan pantai-pantai di indonesia bagian timur. Termasuk salah satu hewan laut yang membahayakan sebab kerap menyerang para nelayan dan pemancing.

Umpan Jitu Ikan Cendro

Lalu, apa saja umpan jitu mancing ikan cendro yang dapat digunakan? Umpannya cukup sederhana, yaitu dengan memakai teri. Pilihlah ikan teri berukurannya sedang, karena ukuran tersebut paling disenangi. Selain itu, bisa juga memakai cumi-cumi untuk memancing cendro.

Ketika memancing ikan cendro, wajib memperhatikan arus disekitar spot, karena umumnya pemancing akan memakai umpan tidak sama, tergantung dari situasi. Jika arus sedang tidak besar atau tidak ada sama sekali, pakailah umpan untuk mancing ikan cendro yang dapat tenggelam dengan baik.

Tips mancing ikan cendro

Tempat terbaik memancing ikan cendro, ialah memilih tempat yang tidak mempunyai arus terlalu besar, dan juga didukung dengan arah angin sesuai arus tersebut. Pada tempat seperti itulah umumnya suka bermain dan mencari makan.

Ketika mengkonsumsi umpannya, ikan cendro umumnya akan menggigit dibagian tengah umpan, sehingga bagian depan mulut langsung tersangkut pada lasso. Sehingga sewajibnya cepat untuk mengangkatnya karena akan sulit untuk melepaskan diri dari sangkutan tersebut.

Umpan Ikan Mas Subang

Teknik mancing ikan cendro

Teknik memancing ikan cendro dengan menggunakan cara ngoncer memakai umpan alami berupa udang hidup ataupun hewan laut berukuran kecil. Kedua tipe umpan ini bisa secara gampang diperolehkan dari para penjual di dekat lokasi pemancingan. Dari semua teknik mancing ikan cendro persentase keberhasilan ini pun dipengaruhi oleh arus air.

Jika tak ada arus, umpan untuk ikan cendro akan tenggelam sehingga waktu terbaik ialah ketika ada arus. Arus air yang tak terlalu besar dengan didukung arah angin searah dengan arus merupakan kondisi ideal memancing ikan cendro. Musim panas antara april hingga oktober merupakan waktu terbaik memancing cendro sebab saat itu permukaan air tak terjadi arus yang besar.

Diperlukan umpan jitu ikan cendro untuk menggunakan teknik ngocer yang biasanya berupa ikan hidup. Sebenarnya umpan mati atau daging ikan dapat dipakai sebagai umpan, akan tetapi tidak begitu efektif. Jika memakai umpan mati ada baiknya umpan mancing ikan cendro dimainkan dengan menggunakan cara ditarik atau di gerakkan.

Umpan yang dipakai untuk mancing cendro umumnya udang hidup atau anakan belanak dan beberapa tipe ikan kecil lainya. Mengingat makanan cendro di alam ialah hewan laut yang berada di dekat karang.

Bagaimana cara mancing ikan cendro dengan menggunakan cara di cekrik?  Para pemancing memakai mata kail berdiameter besar tersusun bertingkat antara enam atau lebih mata kail untuk bagian bawah bisa di beri pemberat berupa timah.

Saat timah di masukan kedalam air, cendro akan mengejarnya karena penasaran. Jika sudah dekat segera turunkan mata kail dan hentakkan joran dengan cepat. Timingnya wajib tepat dan cepat. Karena jika ikan cendro sudah tidak penasaran atau sudah memahami bahwa itu bukan makananya, maka akan segera berbalik arah.

Umpan Ikan Kiper

Spot Mancing Ikan Cendro

Spot mancing ikan cendro umumnya di dermaga, pemecah ombak atau tebing karang. Tetapi cendro sangat segan spot yang banyak terdapat karang di dasarnya. Jarang sekali ada yang memperoleh dari laut berpasir atau memakai teknik surf casting.

Ikan cendro mempunyai mulut berbentuk mocong kecil, panjang dan keras dengan banyak gigi tajam. Hal tersebut tentunya membuat ikan cendro atau panjo ini sulit untuk di pancing.

Dengan mulut yang kecil dan keras mata kail tidak mudah menancap pada mulut. Jika mata kail berhasil menancap pada mulut, masih tetap wajib hati hati dalam menaikkannya. Giginya yang tajam di sepanjang mulutnya yang panjang dapat pada waktu waktu memutus senar secara gampang.

Saat umpan mancing ikan cendro dikonsumsi, jangan langsung disentak, karena akan membuat mata kail tidak menancap. Cukup kencangkan senar pancing supaya saat berupaya menelan umpan, mata kail akan menancap dengan sendirinya.

Oleh karena itu jika memancing panjo jangan lupa memakai neklin beberapa cm untuk leader.

Karena hal tersebut, para pemancing karangan di gunung kidul banyak yang memancing panjo atau ikan cendro ini dengan menggunakan cara di cekrik atau di garong,  yaitu dengan menggunakan cara memancing panjo tanpa umpan tetapi para pemancing berupaya menancapkan mata kail pada tubuh ikan yang lebih lunak dibanding mulutnya.

Umpan Ikan Kakap Putih

Cara menarik ikan cendro yang terlalu besar

Mancing ikan cendro tanpa umpan memang menguntungkan tapi dengan umpan tentunya lebih memberikan sensasi menyenangkan. Karena ikan cendro tidak jarang melompat akrobatik berupaya melepaskan diri dari jeratan mata kail.

Musim ikan cendro umumnya saat musim panas, serta pilihlah spot yang dengan air jernih dan berarus dengan bagian ombak yang tenang.

Ikan cendro memang bukan jenis hewan air yang mencari makan secara bergerombol. Jika anda mancing dari bukit karang atau mancing karangan, maka dapat melihatnya berenang disekitar batuan karang.

Last Updated

Leave a Comment