Tips Mancing di Sungai

Tips Mancing di Sungai Besar Beraliran Deras dan Keruh – Memilih lokasi mancing di sungai dilarang asal-asalan, perlu adanya beberapa tips dan trik agar dapat memperoleh banyak ikan. Pemilihan spot mancing yang perlu di perhatikan ialah dengan melihat aliran air.

Sungai termasuk dalam alternative yang bagus jika tidak mempunyai kesempatan dan peralatan mencukupi untuk memancing dilautan. Tak kalah seru dengan aktivitas memancing di laut, memancing disungai bisa juga dibilang asik, karena banyak target dengan beraneka macam ukuran.

Cara Mancing Ikan di Sungai Besar

cara-mancing-ikan-di-sungai

Sungai merupakan tempat air tawar yang mudah sekali ditemukan di indonesia. Saat ini terdapat ribuan sungai melintasi nusantara baik itu mempunyai ukuran besar, maupun kecil. Begitu juga dengan jenis beragam yang ada didalamnya.

Memancing disungai tentunya mempunyai cara mancing di sungai, bahkan mempunyai peralatan yang berbeda pula dengan memancing di laut. Untuk mendapatkan hasil pancingan maximal disungai, wajib sebelumnya memahami karakter air yang melintasi sebuah sungai. Biasanya jika dalam situasi air tertentu ikan juga akan mengikuti keadaan dengan air.

Tips memilih spot mancing ikan nila

Untuk ikan nila, biasanya suka di lokasi yang airnya lebih tenang dan banyak ditumbuhi tumbuhan air ataupun tumbuhan darat masuk ke air. Ikan nila juga menyukai lokasi yang airnya agak memusar dengan gerakan lambat.

Tips penting dalam menentukan lokasi ikan nila di sungai besar ialah nila menyukai lokasi di tepian sungai. Walaupun terkadang ada sebagian ikan nila yang di tengah sungai, tapi ini  jarang sekali.

Untuk memancing ikan nila carilah sungai dengan keadaan airnya memusar dengan gerakan lambat. Selain itu harap untuk memastikanlah banyak terbisa tumbuhan di air, baik itu tumbuhan hidup di air.

Namun hal paling penting dari semua itu ialah ikan nila suka lokasi di tepian sungai, walaupun ada yang di tengah itu hanya beberapa saja.

Umpan Mancing Ikan Nila Liar

Tips memilih spot mancing di sungai Besar

cara-mencari-spot-mancing-di-sungai

Untuk cara menentukan lokasi atau spot mancing ikan tawes di sungai, ikan tawes (putihan) lebih menyukai aliran air agak deras. Ikan tawes ini merupakan jenis yang hidup berkelompok atau berkelompok dan biasanya dalam satu kelompok besrnya sangat mirip.

Jika hendak memancing ikan tawes, maka pastikan menentukan lokasi sungai dengan airnya jernih sehingga jelas bergerak.

Tips lain untuk mencari ikan tawes ialah dengan memperhatikan adanya tanaman tepi sungai yang batang atau daunnya masuk ke air. Di spot ini, airnya lebih beriak dan biasanya tersangkut limbah sungai yang banyak terkandung makanan ikan tawes.

Memilih spot mancing berdasarkan kondisi air

tips-mancing-di-sungai-arus-deras

Berikut adalah beberapa tips memancing dengan menganalisa perbedaan karakter air di sungai. Pertama jika air sungai dengan situasi berair keruh, banyak faktor yang mengakibatkan air dapat menjadi keruh seperti banjir dan erosi tanah.

Tips paling mudah dalam mancing di sungai ialah tentukan karakter air keruh baik tenang maupun arus deras. Ini umumnya akan menentukan eksistensi ikan, dan berdampak pula dengan menggunakan cara mancing disungai yang akan digunakan.

Saat suasana air keruh dengan tingkatan sedikit sampai sedang mungkin eksistensi ikan masih akan gampang nampak. Tetapi jika suasana air sangat keruh, itu menyulitkan untuk memahami eksistensi ikan.

Memancing dalam situasi air keruh sedikit hingga sedang dapat memakai teknik dasaran atau yang biasa umumnya dipakai. Jika keadaan air di sungai sangat keruh  dengan arus deras, maka tips mancing nya ialah cari tempat yang tenang.

Umumnya keadaan air seperti ini sangat berlumpur, alternative terbaik ialah memancing tepat pada pinggir sungai. Dipinggir sungai yang ada tumbuh tumbuhan liar dengan arus tenang merupakan tempat potensial ikan berkumpul.

Kedua jika keadaan air sungai jernih, merupakan karakter air yang sangat sensitive. Eksistensi ikan akan nampak dengan mata karena jernihnya air namun ikan juga sangat sensitive dengan eksistensi pemancing.

Situasi ribut dan sibuk akan gampang dideteksi oleh ikan dan membuat mereka berlindung ditempat aman. Pemasangan umpan secara bagus menjadi taktik wajib dipakai jika memancing pada situasi air ini, pastikan mata kail tertutup oleh umpan.

Umpan Ikan Tawes

Persiapan sebelum mancing di sungai

tips-mancing-ikan-di-sungai

Peralatan memancing di sungai tentu tidak sama dengan peralatan memancing di laut. Untuk cara mancing di sungai, dapat memakai joran pancing tegek dengan panjang 270 cm-360 cm. Sedangkan untuk pelampungnya gunakan pelampung kayu berukuran 3-5 cm.

Jangan lupa pula melakukan persiapan umpan pancing yang tepat. Tidak seperti pemikiran sebagian besar orang, untuk memperoleh banyak ikan justru tidak memakai cacing sebagai umpan, melainkan serangga. Serangga seperti belalang atau telur semut (kroto) justru banyak disenangi ikan besar di sungai.

Umpan buatan seperti umpan karet, pelet dan umpan putih bisa juga digunakan sebagai alternatif jika umpan serangga jarang dijumpai.

Ikan umumnya akan berkumpul atau mencari makanan di lokasi dimana ketinggian air berubah dan tidak terlalu dalam serta berlumut. Pertemuan air dangkal ini merupakan tempat dimana makanan sangat banyak sehingga bisa berpeluang memperoleh banyak ikan di tempat seperti ini.

Sedangkan untuk jenis ikan mas liar, bisa memperolehi mereka di perairan tenang, sedikit riak dan diantara tumbuhan air.

Sebaiknya pilih waktu pemancingan saat matahari terbit atau saat kondisi cuaca teduh. Hal ini ditimbulkan karena pada kondisi tersebut ikan umumnya sedang mencari makan. Bahkan untuk beberapa jenis ikan seperti lele dan gabus cenderung aktif di malam hari.

Bisa mencoba memancing pada waktu malam hari atau ketika bulan mau terbit jika ingin memiliki lebih banyak ikan jenis ini.

Last Updated

Leave a Comment