Umpan Ikan Balar

Untuk racikan umpan ikan lalawak atau ikan balar yang jitu ini yang pertama tentunya wajib tau dulu kondisi dan tempat atau spot. Tentunya wajib sesuai dengan suasana air dimana air tersebut apakah airnya bening atau berwarna keruh kecoklatan.

Karena keadaan air tersebut bisa menjadi suatu ketentuan atau keputusan di dalam membuat racikan umpan, serta bisa menjadikan suatu harapan untuk memperoleh ikan balar/lalawak yang banyak.

Umpan Mancing Ikan Balar Atau Lalawak

Ikan lalawak atau banyak juga yang menyebut ikan balar atau ikan ceceperan ini hidup diarus air deras dan landai. Bentuknya hampir menyerupai dengan ikan tawes tetapi ada yang membedakannya yakni pada bentuk ujung sirip.

Dimana ujung sirip ikan tawes berwarna hitam sedangkan sirip ikan balar atau lalawak berwarna ke merahan atau kekuningan. Untuk bobot ikan lalawak / balar ini bisa mencapai 1 kg panjang 25 cm, dan suka bergerak aktif seperti ikan arus deras lainnya.

Untuk umpan ikan balar atau ikan lalawak alami yang jitu ini dapat digunakan pada saat keadaan air keruh atau sehabis hujan. Karena posisi ikan balar atau ikan lalawak ini lebih bergerak aktif saat mencari makan, dan untuk memikat dapat menambahkan sedikit essen dengan bau amis.

Maka dengan itu jika ingin mancing ikan balar atau lalawak bisa memakai udang rebon yang dikupas dan semua jenis cacing.

Umpan Ikan Mas Subang

Resep Racikan Umpan Ikan Balar atau Lalawak Malam Hari

Jika keadaan air sedang tenang, jernih dan normal maka bagusnya memakai umpan racikan untuk mancing ikan lalawak / balar tersebut. Dapat memakai resep racikan umpan ikan lalawak seperti dibawah ini

  • Keju kraft 1/4 batang
  • Bungkil kurang lebih 100 gram yang telah dilembutkan
  • Jagung manis 2 tongkol
  • Telur bebek 2 butir
  • Ubi jalar kukus/rebus 1 buah

Untuk bahan perekat kekenyalan umpan jangan lupa tambahlah tepung terigu secukupnya

Cara membuat resep racikan umpan ikan balar atau lalawak yakni langkah pertama silahkan seluruh bahan mulai dari jagung manis, keju kraft diparut dan bungkil digilas sebelumnya atau dilembutkan. Dan untuk telur bebek silahkan ambil kuningnya saja.

Apabila seluruh bahan telah siap, maka campurkan jagung dengan kuning telur, bungkil, keju parut, dan ubi rebus.

Kemudian aduk-aduk sampai nampak merata, gunakan tepung terigu sebagai penyestabil kekenyalan, selanjutnya dimasukkan ke dalam kantung plastik sebagai wadah, dan umpan ikan lalawak / balar siap untuk dipakai mancing.

Umpan Ikan Keting Sungai

Umpan Ikan Balar atau Lalawak di Sungai

Bahan yang dibutuhkan untuk umpan mancing ikan balar atau lalawak di sungai cukup mudah ditemukan yakni

  • 1 panili
  • 1 siung bawang putih
  • terigu secukupnya
  • 1 tempe belum matang
  • 1 buah sepi (buah jengkol yang ditanam ditanah)
  • 10 gagang daun singkong muda

Semua bahan diatas dilumat sampai lembut betul. Jika tidak punya terigu, boleh membeli pelengket umpan. Kegunaan terigu yakni agar umpan lengket dan sangat sulit lepas dari kail ketika masuk kedalam air sungai yang deras.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

3 thoughts on “Umpan Ikan Balar”

Leave a Comment

error: Content is protected !!