Umpan Ikan Hampala

Jika ingin mendapati ikan hampala, carilah perairan yang masih bersih, berkerikil atau berpasir serta memiliki kadar oksigen cukup. Bobot ikan hampala dapat mencapai angka 15 kg, jadi dapat dibayangkan sendiri energi yang perlu dipersiapkan. Lalu, umpan memancing ikan hampala seperti apa yang sebaiknya disiapkan?

Hingga saat ini, kebiasaannya pemancing menggunakankan ikan kecil buat dapat memikat perhatiannya. Tetapi umpan yang jauh lebih efisien serta jitu berbentuk minnow, yakni umpan buatan berbentuk ikan.

Umpan Mancing Ikan Hampala Paling Jitu

Apa saja umpan yang digunakan untuk mancing ikan hampala paling jitu ? Jika memancing ikan hampala, jangan malas buat terus menggerakkan joran, sehingga umpan yang dipasang akan aktif bergerak layaknya ikan sungguhan.

Buatlah gerakan-gerakan bervariasi sehingga ikan hampala makin merasa terpikat dengan umpan. Selain umpan, perihal lain yang butuh diketahui ialah musim terbaik buat mancing ikan hampala yakni musim panas.

Dimusim panas indukan hampala akan sedikit menepi keperairan yang tidak terlalu dalam. Sehingga bila beruntung akan dapat menangkap ikan hampala dengan mudah.

Umpan Ikan Mujair

Umpan Casting Untuk Mancing Ikan Hampala

Jenis – jenis umpan apa saja yang dapat digunakan dan sangat direkomendasikan untuk bait casting ikan hampala ? Persiapan umpan ikan hampala untuk air keruh akan berlaku tidak sama dari memancing pada air jernih.

Pada air keruh umpan akan sulit diketahui oleh hampala, jadi lebih baik menggunakan umpan beraroma tajam atau berisik.

1. Mini Popper

Bagi pemburu babon ikan hampala berukuran besar tentunya sudah tidak absurd lagi dengan tipe umpan satu ini.

Mini popper menjadi umpan rahasia yang sangat efektif untuk mengecoh kebiasaan hampala. Popper mampu mengeluarkan suara berisik dan actionya seolah menantang membuat ikan yang melihatnya ingin cepat menyambar.

Mini popper juga sangat pas untuk casting ikan hampala ketika air sedang keruh atau berwarna kecoklatan. Biasanya para castinger memakai mini popper dengan panjang 5 cm hingga 9 cm.

Umpan Ikan Mas Subang

2. WTD

Wtd atau walk the dog termasuk dalam tipe umpan tiruan top water, yaitu umpan yang actionya berada di permukaan air.

Action wtd sangat unik yakni berlenggak lenggok layaknya anjing berjalan ke kiri dan ke kanan. Hal ini akan membuat ikan hampala penasaran dan segera menyambarnya ketika lure ini melintas di depanya.

Umumnya wtd yang dipakai untuk casting ikan hampala mempunyai panjang antara 5 cm hingga 9 cm.

3. Spoon

Umpan spoon sangat pas untuk casting ikan hampala ketika air jernih dan di siang hari. Cahaya matahari yang dipantulkan oleh spoon dan meracik umpan ini gemerlap akan membuat hampala terpikat untuk menyambarnya.

Spoon sangat pas untuk casting ikan hampala semua ukuran baik anakan ataupun indukan babon.

Umpan Ikan Jambal

4. Swimmer

Sekilas bentuk swimmer menyerupai dengan wtd, tetapi mempunyai action menyerupai minnow akan tetapi berada di permukaan air.

Swimmer sangat pas untuk casting hampala di air berarus deras. Ikan hampala yang lapar tentunya akan segera menyambar umpan tiruan menyerupai dengan ikan kecil berenang.

Umpan Alami Untuk Mancing Ikan Hampala

Apa saja umpan alami yang dapat digunakan untuk mancing ikan hampala di sungai berair deras dan keruh ? Agar cepat dalam memperoleh ikan hampala, maka bisa menaburkan beberapa umpan untuk membuat ikan berkumpul.

Dengan berkumpulnya ikan, maka peluang untuk dapat memperoleh banyak semakin tinggi.

Kulit ayam

Selain dari pemakaian udang, bisa juga memakai kulit ayam sebagai umpan alami ikan hampala pada air keruh. Aroma kulit ayam yang amis akan membuat hampala bergairah untuk mendekat dan melahap umpan tersebut.

Udang Kecil

Udang akan sangat pas dipakai dalam memancing ikan hampala pada air keruh. Penggunaan udang sebisa mungkin merupakan udang hidup masih segar.

Dengan menancapkan kail pada udang segar, maka aroma amis akan keluar dari luka yang terbuka dan menarik ikan untuk mendekatinya.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Leave a Comment

error: Content is protected !!