Umpan Ikan Jambal

Ikan jambal atau patin merupakan ikan yang mempunyai tempat asal alami di sungai air tawar. Karena makin banyak orang yang hendak memancing ikan jambal, membuat patin mulai hafal dengan umpan yang monoton. Itu sebabnya sesegera mungkin dapat menyiapkan umpan mancing ikan jambal yang lebih variatif.

Ikan ini ialah ikan yang sering berada di perairan sungai dan senang di sekitar dengan dasar perairan. Ikan jambal ini memiliki kumis, yakni alat sengat di kanan kiri kepalanya dan satu lagi di belakang badan. Memliki kulit licin tanpa sisik dan dapat mencapai perkembangan maksimal hingga 1 m dengan berat 20 kg.

Umpan Mancing Ikan Jambal Liar di Sungai

Untuk bisa mancing ikan jambal atau pangasius sutchi liar di sungai, tentu membutuhkan umpan yang cukup jitu. Beberapa macam umpan mancing ikan jambal di sungai yang dapat digunakan ialah seperti:

Umpan roti

Caranya ialah dengan menguleni beberapa lembar roti tawar yang terlebih dahulu sudah diberikani air dan juga kuning telur bebek.

Bisa juga menambahkan sedikit terasi selanjutnya aduk sampai merata. Usahakan adonan yang dibangun tidak mengandung banyak air sehingga mudah dibentuk. Setelah itu, bentuk lingkaran-lingkaran kecil sesuai dengan besar ikan jambal.

Tidak hanya meracik umpan dengan menggunakan cara tersebut, bisa juga memakai roti keju sebagai umpan. Tidak perlu membeli roti keju yang mahal cukup yang berharga miring saja.

Cara meracik umpan dari roti keju ialah dengan menambahkan sedikit air panas pada roti keju tersebut. Uleni adonan tersebut hingga pulen selanjutnya bentuk lingkaran-lingkaran kecil sebelum dipakai untuk memancing.

Umpan Ikan Sidat

Ikan Kecil Segar

Penggunaan umpan ikan kecil yang telah dipotong-potong dapat menjadi pilihan paling ampuh untuk memancing ikan jambal.

Adonan Pelet dan Roti

Contoh umpan ketiga juga masih memakai roti tawar bedanya umpan kali ini diberi sedikit pelet atau pakan ikan.

Tambahkan sedikit santan cair selanjutnya aduk sampai merata dan pulen. Bentuk lingkaran kecil umpan tersebut dengan besar sesuai dengan selera.

Umpan Ikan Keting Sungai

Umpan Alami Mancing Ikan Jambal di Sungai

Selain tiga racikan umpan diatas terdapat pula umpan alami yang jitu untuk mancing ikan jambal di sungai atau waduk. Umpan alami tergolong mudah di dapatkan di alam sekitar sehingga tidak menyulitkan untuk mendapatkannya. Berikut adalah beberapa umpan yang tergolong jitu dan ampuh :

Pisang

Buah pisang sudah lama menjadi umpan primadona para pemancing ikan jambal. Tidak sekadar di kolam saja, tetapi pisang sangat jitu untuk mancing ikan jambal besar di alam bebas.

Pisang dapat dipakai untuk mancing ikan jambal di sungai, rawa maupun danau. Selain itu, pisang juga cukup istimewa, karena pisang dapat dipakai tanpa campuran maupun diracik dengan umpan lainya.

Jangkrik

Dengan mata yang menyala di malam hari dan di dalam air, mempermudah bagi ikan jambal untuk memperolehi umpan tipe ini. Cukup pasangkan 5-10 ekor jangkrik di kail amat gampang untuk memperoleh sambaran.

Namun kekurangan dari umpan ini, yakni tidak bisa menghindari sambaran dari ikan kecil seperti wader / sapu sapu.

Umpan Ikan Kiper

Udang

Udang segar menjadi umpan yang cukup jitu. Namun jika udang sudah berubah berwarna kemerahan cukup sulit untuk memancing ikan jambal. Maka dari itu sebisa mungkin jaga udang tetap hidup jika digunakan untuk umpan mancing ikan jambal.

Cacing

Jika air sungai keruh, sebaiknya gunakan cacing sebagai umpan mancing jambal. Cacing termasuk dalam umpan alami ikan jambal yang mudah ditemukan.

Pilihlah tipe cacing mempunyai ukuran besar, seperti cacing unthel atau cacing kalong.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Leave a Comment

error: Content is protected !!