Umpan Ikan Kakap Putih

Ikan ceplek atau kakap putih ini tampilannya sangat gagah dengan sentakan yang kuat ketika dipancing. Menghuni tempat asal di kedalaman laut antara 2 hingga 8 meter, dengan dasar berupa terumbu karang ataupun hutan bakau dengan akar-akarnya yang malang melintang.

Juga mendiami rumpon yang ada di dasar perairan, mancing ikan kakap putih sangatlah menantang, perlawanan saat ditarik memberikan sebuah sensasi tersendiri.

Umpan Jitu Mancing Ikan Kakap Putih

Umpan jitu apakah yang akan dipakai untuk memancing ikan kakap atau baramundi ?. Bagi pemancing pemula sebaiknya saat mancing ikan kakap putih bisa mencoba dengan memakai umpan udang vaname yang banyak dijual dipasar-pasar.

Udang vaname atau udang tambak yang masih hidup sangat ampuh untuk umpan mancing semua tipe ikan laut maupun air payau seperti kakap putih, kakap hitam dan baramundi.

Ikan Kecil

Gunakan umpan dari ikan kecil yang masih hidup yang berukuran 5 – 10 cm seperti wader, belanak untuk mancing kakap putih. Teknik memasang umpan ikan kecil untuk memancing kakap juga gampang tinggal kaitkan kail pada belakang sirip punggung.

Atau bisa juga memasangkan pada bagian rahang ikan dan pastikan tidak mengenai mata agar bisa hidup lebih lama. Ikan yang berlarian kesana – kemari akan lebih memikat kakap putih untuk memangsanya.

Umpan Ikan Bandeng

Udang Putih Hidup

Menggunakan umpan udang putih yang masih segar untuk memancing ikan kakap putih. Umpan udang hidup ialah umpan paling baik untuk memancing ikan kakap sewaktu malam hari.

Teknik memasang umpan udang sangat gampang sekali yakni cukup kaitkan kail di ekor udang hingga tembus ke bawah perut. Atau bisa juga mengaitkan ke kepala dan memotong bagian ekornya.

Cumi kecil

Umpan cumi-cumi kecil juga ampuh untuk memancing ikan kakap putih baik di sungai atau laut. Menggunakan umpan ini bisa juga dalam situasi mati dan masih hidup.

Teknik memasang cumi cumi untuk mancing sedikit menyulitkan karena bentuk tubuh yang licin. Kaitkan kail pada bagian ekor yang terlihat berlubang lalu masukkan sampai kail nampak kebagian satunya.

Jika menggunakan sotong atau cumi berukuran besar untuk mancing ikan kakap putih. Maka bisa menggunakan dua kail sekaligus dengan satu kail lainnya berada di luar sotong.

Umpan Ikan Toman

Teknik Mancing Ikan Kakap Putih di Sungai dan Laut

Daerah muara sungai ialah spot paling pas untuk mancing ikan kakap putih ini dengan berbagai teknik dan metode mancing. Karena pada area itulah seringnya kakap putih berkumpul. Mancing ikan tipe ini boleh pagi maupun sore hari.

Bila pagi hari kira-kira jam 6 sampai jam 9, sedangkan di sore hari mulai jam 4 sampai jam 6. Namun terkadang ikan ceplek pun mau menyambar umpan di siang hari kira-kira jam 11 sampai jam 1 siang.

Ikan ceplek bila diamati dari permukaan air berwarna agak kehitaman, tetapi bila diangkat ada warna sedikit keperakan di area perut. Ukuran maksimal panjang badannya bisa mencapai 170 cm hingga 200 cm dengan berat maksimal yang pernah ada ialah 50 kg.

Mancing ikan ceplek alias kakap putih tidak tidak sama seperti mancing ikan lain yakni membutuhkan kesabaran. Untuk para pemancing, mereka wajib siap kecewa jika tak mendapatkan ikan kendati berjam-jam sudah nongkrong di bibir sungai.

Ataupun ikan yang menyambar umpan tetapi ternyata lolos lagi sekalipun sudah beberapa kali disentak. Wajib bisa memilih saat yang sesuai sesuai suasana air sungai tempat ikan ceplek berkumpul. Pada suasana tertentu misalnya air sungai yang kelewat keruh sesudah hujan, ikan ceplek umumnya tak begitu terpikat dengan umpan.

Umpan Ikan Sembilang

Teknik Ngocer

Metode satu ini menggunakan cara umpan di lemparkan selanjutnya joran ditancapkan sampai ikan menyambar umpan tersebut.

Teknik Gantung

Cara memancing ikan kakap putih juga bisa dengan memakai teknik satu ini. Pada teknik gantung, hal yang wajib dilakukan ialah memegang joran dan lemparkan kail selanjutnya tarik dan menggulurkan senar pancing secara perlahan.

Teknik Pelampung

Teknik yang terakhir untuk memancing ikan kakap ialah teknik umbul/ pelampung. Tekni satu ini melakukannya dengan spot rumpon (alat bantu penangkapan ikan) yang tidak dijangkau oleh joran. Tetapi joran wajib dipegang oleh pemancing sehingga ketika umpan ditarik oleh ikan maka dapat langsung strike.

Last Updated

Leave a Comment