Umpan Ikan Kiper

Teknik memancing beserta umpan mancing ikan kiper di dermaga dengan tegek atau spinning. Tidak hanya mempunyai tubuh dan warna yang cantik, ikan kiper juga ternyata mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga tidak heran jikabanyak orang yang mencarinyauntuk disantap.bagi para pemancing, ikan kiper juga salah satu pesona tersendiri karena bisa memberikan perlawanan yang mumpuni diujung senar.

Tidak cuma dapat diperoleh dilaut yang tidak terlalu dalam, bisa juga mendapati ikan barionang didermaga pelabuhan,kawasan tambak dan juga muara sungai. karena warnanya yang cerah, maka besar kemungkinan bisa melihatnya kesana kemari sebelum memancingnya.

Umpan Mancing Ikan Kiper di Dermaga dan Pinggir Pantai

umpan mancing ikan kiperAda banyak sekali umpan untuk mancing ikan kiper di dermaga atau pinggir pantai baik buatan maupun alami. Ketika ingin memancingnya, dapat memakai beberapa umpan mancing. Salah satu umpan untuk ikan kiper yang hingga saat ini masih belum ditinggalkan adalah lumut laut. Hal ini diakibatkan rumput laut memang menjadi salah satu makanan pokok ikan kiper.

Namun, juga wajib memahami bahwa ikan kiper ini sebetulnya binatang omnivora alias bisa mengkonsumsi segalanya. sehingga bisa juga memakai potongan daging ikan,udang, cacing dan juga daging kepiting untuk dijadikan umpan.

Tidak hanya itu saja, dapat juga memakai beberapa tipe lumut yang lain seperti lumut pantai. Bahkan makanan manusia seperti nasi ketan dan nasi biasa pun ikan kiper masih mau mengkonsumsinya. Selain itu,tepung kunyit,hati ayam, juga beberapa tipe kue ikan kiper doyan mengkonsumsinya.

Sedangkan jika ingin membuat sendiri umpan ikan kiper ini, tentu saja dapat melakukannya. Bahan yang telah wajib disiapkan berupa kunyit bubuk, tepung terigu 250 gr, air secukupnya dan terasi.

Caranya, letakkan tepung pada sebuah wadah dan selanjutnya tambahlah air hingga menjadi rata tetapi juga tidak terlalu encer.selanjutnya baru tambahlah bubuk kunyit dan juga terasi, campurkan sampai terbentuk adonan.dan umpan tersebut telah mampu gunakan.

Umpan Racikan Mancing Ikan Kiper dari Beras Ketan

Resep racikan ini tergolong sangat ampuh untuk mancing berbagai jenis ikan laut baik ikan kiper maupun baronang. Memancing termasuk kegiatan menyenangkan saat di akhir pekan dengan salah satunya mancing ikan kiper.

Banyak pemancing yang terpikat untuk memancing ikan ini dan bahkan banyak dijadikan untuk perlombaan memancing. Namun masih banyak yang mengerti cara memancing serta umpan ikan kiper yang jitu untuk memancing ikan kiper ini.

Bahan yang dibutuhkan cuma dua yakni tepung beras ketan dan minyak goreng, sedangkan cara pembuatan sebagai berikut :

Masukkan tepung beras ketan ke dalam wadah, lalu tambahkan sedikit air. Aduk hingga adonan kenyal dan masukkan adonan kedalam plastik. Tambahkan 1 sendok minyak goreng dan buat adonan menjadi penyet atau gepeng. Masukkan adonan kedalam magic kom atau merebusnya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Teknik Mancing Ikan Kiper

Resep racikan umpan ikan kiperCara mancing ikan kiper terbagi menjadi beberapa metode dan hal ini tergantung dari jenis joran maupun spot mancing ikan kiper. Habitat alami ikan kiper atau kitang ada di pemecah ombak, pilar-pilar dermaga, tepi hutan bakau. Bahkan pernah juga memperoleh ikan kiper di sungai air tawar yang terhubung ke laut. Ikan kiper atau kitang sangat sangat suka tempat asal yang memiliki lumut atau tumbuhan dalam air yang lain.

Mancing ikan kiper atau ikan kitang memang sangat mengasikan, jika memakai alat pancing kelas ringan atau light tackel tentu ini akan menjadikan sensasi yang luar biasa. Ikan kiper atau ikan kitang itu tidak gampang menyerah saat terkena mata pancing, tubuhnya yang pipih dan lebar membuat tarikan semakin menyenangkan karena ikan kiper akan terus melawan.

Teknik Mancing Ikan Kiper di Dermaga

Kali ini akan berbagi teknik mancing ikan kiper atau kitang yang umum digunakan, biasanya teknik mancing kiper ada dua yakni memakai joran tegek dan memakai joran serta spinning reel ukuran ringan atau light tackle.

Untuk memancing ikan kiper atau kitang bisa menggukan alat pancing kelas ringan dengan detail :

Joran : ukuran 2-5 lbs

Panjang joran : 120 cm

Reel : ukuran 800 – 2000

Line : 0.18 – 0.22 mm

Timah : 5 gram (atau menyesuaikan arus)

Kail : nomor 5-7

Waktu yang tepat mancing ikan kiper ialah saat air mulai naik (angkatan pasang) dan air mulai turun (angkatan surut), umumnya ikan kiper akan berhenti makan jika air pada posisi paling tinggi dan paling rendah.

Teknik Mancing Ikan Kiper dengan Joran Tegek

Cara membuat umpan ikan kiperMancing ikan kiper sangat mengasikkan jika menggunakan joran tipe tegek karena hanya membutuhkan sedikit teknik dalam penguasaannya. Joran tegek ialah joran yang tidak mempunyai ring guide dan reel sheet. Penggunaan joran ini yakni dengan mengikatkan senar monofilament di ujung joran selanjutnya dikasih pelampung kecil dan memakai mata pancing garong. Umpan yang dipakai terbagus ialah memakai lumut

Tekniknya seperti ini: umpan lumut kita kaitkan dengan mata pancing garong selanjutnya atur kedalaman pelampung kecil sesuai dengan suasana spot mancing. Umpan kita lempar di pinggir tiang atau tonggak.

Tunggu beberapa saat. Jika pelampung bergetar-getar berarti umpan lumut sedang dilahap oleh ikan. Tanpa tunggu lama langsung saja gentak joran pasti ikan langsung nyantol di garong. Ulangi terus teknik ini hingga panen ikan dalam waktu yang relatif singkat.

Umpan Ikan Kakap Putih

Teknik Mancing Ikan Kiper dengan Joran Spinning

Cara mancing ikan kiper ternyata juga bisa menggunakan joran spinning asalkan tahu tekniknya. Joran spinning ialah joran yang mempunyai ring guide dan reel sheat. Lebih mantab lagi kalau pake joran yang ukurannya pendek, sehingga tidak telat kalau menghentak ikan.

Usahakan memakai joran kelas dibawah 10lb. Penggunaan joran spinning untuk mancing ikan kiper yakni dengan menyiapkan reel ukurannya antara 1000-2000, senar monofilament 10lb, dan mata pancing super kecil, umpan memakai irisan udang (yang mudah dicari), bandul timah ukurannya kecil/sedang (sesuai suasana arus).

Tekniknya seperti ini: buat rangkaian pancing dasaran 2 kumis kemudian pasang umpan berupa irisan udang yang kecil-kecil ke mata pancing. Lemparkan umpan ke tiang-tiang dermaga atau dinding-dinding dermaga. Kelebihannya jika kita memakai joran spinning yang super lentur ialah kita bisa sangat sensitive untuk merasakan getaran ikan waktu makan umpan.

Ketika kita merasakan ada getaran sedikit di ujung joran, jangan terlalu terlalu cepat dan juga jangan sampai telat untuk menghentak joran. Tunggu moment yang sesuai untuk menghentak joran.

Last Updated

Leave a Comment