Umpan Ikan Nila Liar di Sungai

Umpan ikan nila liar di sungai – Populasi ikan ikan nila di Indonesia tergolong tidak sedikit di perairan air tawar. Persebaran yang merata serta rasa nikmat membuat ikan nila banyak diburu oleh masyarakat sekitar baik digunakan sebagai ikan konsumsi maupun dibudidaya.

Umpan ikan nila liarĀ  di sungai yang utama ialah lumut. Tentu tidak bisa sembarangan dalam memilih lumut yang akan digunakan umpan memancing nila. Terdapat kategori khusus lumut berkualitas baik seperti warna hijau bertekstur lembut agar mampu membuat ikan nila liar di sungai lebih terpikat. Biasanya didapatkan menempel pada batu di sungai atau bahkan di sawah.

Baca nih : Kumpulan racikan umpan mancing ikan nila liar paling jitu

Lumut banyak dipakai oleh para pemancing ikan nila di indonesia, karena jenis umpan ini mudah dicari dan dapat dikatakan paling tepat. tetapi hanya beberapa jenis lumut yang dapat dipakai untuk memancing ikan nila liar.

Cara membuatnya bisa dengan dengan mengombinasikan lumut dengan garam dan sari pandan. Campurkan sedikit garam dengan lumut dan rendam kira-kira 30 menit.

Sedangkan sari pandan memiliki tujuan untuk memikat perhatian ikan nila. Garam membuat lumut lebih lemas dan sangat sulit lepas dari kail pancing.

Umpan Alami Ikan Nila Liar di Sungai

umpan-ikan-nila-liar-di-sungai

Ikan nila yang hidup di sungaipaling menggemari cacing laut, sehingga umpan dengan cacing jenis ini sangat ampuh. Cacing laut sebetulnya hanya sebutan saja untuk jenis cacing kecil-kecil dengan kaki halus menyerupai dengan kelabang.

Cacing laut bisa dijumpai di daerah sawah atau sungai kecil yang berdekatan dengan wilayah laut atau pesisir pantai. Jika sulit menemui di alam, bisa membeli cacing di toko-toko penjual pakan burung atau di toko khusus perlengkapan mancing.

Tambah informasi : Jenis umpan ikan nila liar paling ampuh di danau

Cara memasangkan cacing laut untuk umpan ikan nila liar di sungai cukup mudah. Usahakan sebelum memulai mancing siapkan alat memotong cacing laut bisa gunting atau pisau seadaanya saja. Lalu potong cacing dan tancapkan pada mata kail, usahakan gunakan umpan cacing laut jika memang terdapat ikan nila berukuran besar di spot mancing.

Aroma khas yang dikeluarkan oleh ikan akan mampu menarik ikan nila babon di sungai keluar dari sarangnya.

Last Updated

Leave a Comment