Umpan Ikan Sidat

Ikan sidat merupakan tipe ikan berbentuk ular serta berkerabat dengan belut, bedanya ikan sidat mempunyai sepasang sirip. Untuk mencari ikan sidat dapat mencarinya di perairan air tawar seperti rawa-rawa atau parit dan sungai yang terhubung ke laut.

Ikan sidat banyak terdapat di daerah bantul dan sleman, kalau beruntung dapat menjumpai yang berukuran besar atau pelus. Selain itu daerah lain yang berpotensi terdapat banyak ikan sidat ialah pelabuhan ratu, perairan mentawai, sukabumi, sumatera barat, dan cilacap. Daerah diatas mempunyai perairan mangrove yang menjadi tempat asal bagi sidat dari dewasa hingga anakan

Umpan Mancing Ikan Sidat

Apa saja jenis umpan untuk mancing ikan sidat yang telah terkenal jitu dan ampuh baik siang maupun malam hari ?. Pada dasarnya sidat merupakan pemangsa air tawar yang terbiasa mengkonsumsi beraneka macam binatang kecil yang bisa ia tangkap.

Karena hal ini dapat memakai umpan berupa binatang kecil atau potongan daging berikut ini umpan ikan sidat yang bisa digunakan :

  1. Udang hidup
  2. Cacing
  3. Ulat bambu
  4. Jangkrik
  5. Ikan-ikan kecil
  6. Katak kecil
  7. Uret
  8. Usus ayam
  9. Daging bekicot
  10. Daging belut yang aromanya sangat busuk.

Sedangkan untuk target sidat ukuran besar, para pemancing memakai umpan berupa katak kecil, daging belut dan usus ayam. Semua umpan di atas mempunyai bau khas yang menyengat sehingga akan memikat perhatian ikan pemangsa.

Umpan Ikan Mas Subang

Cara Mancing Ikan Sidat

Jika ingin memancing sidat maka waktu terbaiknya ialah di malam hari. Karena sidat merupakan pemangsa air tawar yang keluar dari sarang untuk mencari makan ketika air sedang keruh atau malam hari.

Namun tidak tertutup bisa saja memperoleh di siang hari, terutama saat air dalam situasi keruh. Terlebih lagi bila sudah memahami sarang tempat ikan sidat sembunyi, maka memancing akan akan cepat.

Tinggal tempatkan umpan di sekitar lubang tersebut dan sidat akan keluar karena mengendus aromanya.

Untuk memancing ikan sidat pakailah kenur yang memiliki kemampuan 2 – 4 kg. Bisa juga memakai kenur tipe pe untuk target buruan babon. Gunakan juga kail yang cukup besar supaya tidak tertelan atau patah saat strike.

Umpan Ikan Betok

Ciri Ciri Lubang Ikan Sidat

Ikan sidat suka bersembunyi di dalam lobang yang ada di lumpur. Sehingga jika ingin memancing ikan sidat maka carilah lubang yang mempunyai ciri seperti di bawah ini :

  • Lubang tidak ada feses atau bersih,
  • Aliran air tidak normal.
  • Terdapat beberapa binatang di sekitar lubang tersebut seperti katak  dan sebagainya,
  • Lubang sangat tidak beraturan.
  • Bila sidat besar terdapat beberapa bau bangkai binatang di sekitarnya.

Untuk memancing ikan sidat pada siang hari bisa dilakukan jika sudah memahami lubang persembunyian. Caranya dapat secara bebarengan menempatkan umpan di depan lubang tersebut.

Alat untuk mancing ikan sidat tidaklah sulit, cukup gunakan joran tegek. Tetapi perlu untuk ingat ukuran umumnya cukup besar jadi pakai joran tegek yang kuat dan lentur.

Bahkan dibeberapa daerah memancing sidat hanya menggunakan kenur dan kail. Dengan menggunakan cara kenur di ikatkan kekayu yang ditancapkan di plengsengan rawa maupun sungai.

Umpan Ikan Sepat Siam

Waktu Paling Tepat Mancing Ikan Sidat

Saat akan mancing ikan sidat wajib memahami trik, kebiasaan dan cara mancing. Ikan sidat biasa keluar dari sarang saat gelap atau malam hari, sehingga lebih disarankan untuk memancingnya di malam hari.

Jadi percuma bila mancing ikan sidat di siang hari kecuali tahu sarang atau lubang persembunyian. Selain malam hari waktu yang tepat untuk mancing ikan sidat yakni pada saat hujan dan kondisi air keruh.

Jadi pada intinya ikan sidat menyukai kondisi gelap saat akan mencari makan. Bila akan memancing ikan sidat pada siang hari cukup letakan umpan didepan lubang atau sarang dan tunggu sampi umpan disambar.

Umpan Ikan Bandeng

Spot Paling Banyak Terdapat Sidat

Untuk memperoleh hasil yang diharapkan tentunya wajib memahami dimana ikan ikan sidat tersebut berada. Untuk spot sidat umumnya berada di titik yang kedalaman air berkisar antara 1,5 meter dengan air mengalir agak deras.

Bisa juga mengamati apakah disekitar area tersebut ada beberapa setipe binatang mangsa sepertu kodok atau nyamuk. Jika  di dekat spot tersebut terdapat binatang tersebut, maka bisa dipastikan sidat berada tak jauh dari area tersebut.

Beberapa hal lain yang oerku diperhatikan ialah adanya bebatuan atau tanah padas yang berlubang ( dalam bahasa jawa disebut gerowong2). Terakhir ialah di area tikungan sungai utamanya di bawah bendungan tua atau di rawa rawa muara.

Tipe ikan sidat yg berukuran sedang umumnya berada di arus sungai yg mengalir agak deras dan bebatuan. Sedangkan ikan sidat babon atau yang ukuranya besar sebagian besar berada di kedalaman yang sangat dalam.

Dari penjelasan singkat ini mungkin bisa memilih dimana spot terbaik untuk memancing sidat.

Last Updated

Leave a Comment