Umpan Ikan Toman

Ikan toman punya nama lain snakehead karena bentuk kepalanya yang menyerupai ular. Keluarga snakehead memang terkenal dengan pemangsa yang punya tarikan yang sangat mantap. Hal ini yang membuat ikan toman banyak dicari oleh para angler.

Sebelum mengulas resep umpan untuk ikan toman ada baiknya tahu karakternya. Mengetahui keistimewaan ikan toman sangat perlu supaya saat memancing tahu kebiasaaan dan umpan yang sesuai.

Umpan Mancing Ikan Toman

Apa saja jenis umpan untuk mancing ikan toman yang terbukti sangat ampuh dan jitu. Terkait dengan umpan-umpan terbaik yang di sukai ikan toman, mari kita mengenal target berdasarkan ciri fisiknya. Dilihat dari mulutnya ikan toman mempunyai gigi yang tajam dan runcing membuatnya tergolong jenis pemangsa.

Bisa kita ambil kesimpulan ikan yang tergolong dalam kategori pemangsa sangatlah suka daging. Apa saja yang menjadi umpan tarbaik ikan toman :

  1. Daging ayam
    siapkan 1/4 daging ayam bagian dada/paha.
    buang bagian kulit ayam.
    Potong kecil –  kecil daging ayam menyerupai dadu dan kaitkan pada kail yang akan dilemparkan.
  2. Kadal
    Cara memasangkannya memerlukan dua mata kail. Untuk kail yang pertama kaitkan pankal lehernya dan mata kail yang kedua kaitkan di pangkal ekornya.
  3. Anakan ikan lele
    Belilah anakan lele dengan diameter sekitar 2 jari. Ketika menggunakan umpan beong lele ada baiknya menggunakan pelampung supaya umpan bergerak bebas dan memikat perhatian toman.
  4. Katak kecil atau percil
    Gunakan anakan katak yang masih hidup selanjutnya kaitkan pada mata pancing.
    Usahakan katak masih hidup serta bisa bergerak ketika joran dilemparkan.
    Gerakan dari katak ini akan memikat perhatian ikan toman untuk melahapnya.
  5. Ikan sepat
    Ikan sepat bisa juga dipakai sebagai umpan mancing ikan toman yakni dengan menggunakan cara mengaitkan mata kail kebagian punggungnya,
    Usahakan umpan yang dipakai dalam kondisi hidup supaya toman terpikat dan mengkonsumsi umpan tersebut.
  6. Cicak
    Jika sedikit kesusahan untuk mencari umpan seperti diatas maka bisa memakai umpan alternatif untuk mancing ikan toman dengan menggunakan cicak.
    Cara memakainya yakni kaitkan mata pancing di bagian pinggang cicak supaya cicak tetap dalam kondisi hidup.
    Umpan siap untuk dilempar kepermukaan air yang ada banyak ikan tomannya.
  7. Belut
    Potong belut menjadi 2 bagian lalu tampung darahnya kedalam wadah.
    Potong belut menjadi potongan potongan kecil.
    Lalu kaitkan pada mata kail dan celupkan kedalam darah.
    Umpan siap untuk dipakai dan dilempar disungai.

Karakter Umum Ikan Toman

Ikan toman memang kerap mengalami perubahan warna, yakni mulai dari garis garis dan kemerahan serta mengembangkan pola kebiru-hitam-putihan pada tubug sebelah atas.

Ikan ini juga mempunyai kekuatan untuk melompat ke atas permukaan air dan menghirup udara ke permukaan air. Namun, ikan ini hanya dapat melakukan hal ini di tempat tempat yang berlumpur seperti di daerah rawa-rawa.

Karakter ikan toman pada umumnya sama seperti ikan gabus karena keduanya memang masih satu keluarga.

Baik ikan toman maupun ikan gabus memiliki sifat yang sangat sensitif dengan panas. Bila kondisi air sungai atau danau memanas maka ikan toman akan pergi kepinggir di bawah ranting-ranting atau tumbuhan air. Keadaan seperti itu akan sangat menyulitkan untuk memancing ikan toman.

Ikan toman akan memburu mangsanya tetapi pada saat matahari terik ikan toman lebih suka berdiam di tempat yang lebih teduh.

Umpan Ikan Balar

Teknik Mancing Ikan Toman

Hal pertama tentunya tentukan spot yang potensial, yang dirasa banyak ikan toman. Ikan toman sangat sangat suka rawa rawa dengan banyak ditumbuhi tumbuhan air. Hal tersebut dikarenakan daerah tersebut banyak sumber makanan .

Waktu yang tepat untuk memancing ikan toman ialah sewaktu pagi hari sekitar jam 07;00 wib dan sore hari jam 15;00 wib. Bila tetap memaksa ingin mancing di siang hari maka wajib bersabar ekstra.

Ikan toman umumnya pada saat menyambar umpan langsung dibawa lari dan sebaiknya membiarkannya dengan mengulur senar. Tapi wajib sigap saat ikan toman mulai nampak melambat larinya maka dapat segera menariknya dan ikan pun bisa dinaikan kedaratan.

Gunakan joran yang lentur karena takutnya saat disambar ikan toman dengan sambaran yang liar joran akan rusak. Pakai kenur dengan tenaga 20 kg, dimaksudkan untuk berjaga – jaga bila memperoleh sambaran babon toman.

Untuk kail ukuran 8 dirasa pas. Itulah umpan jitu ikan toman dan tips mancingnya.

Umpan Ikan Gurame Liar

Cara Mancing Ikan Toman Umpan Ikan Nila

Untuk cara memancing ikan toman dengan umpan nila hidup atau belida. Dengan kaitkan kail ke ekor ikan nila supaya umpan tetap berenang di dalam air dan memikat perhatian ikan toman. Untuk umpan yang mati dapat memakai irisan daging belut dan di celupkan ke dalam darah belut yang terlebih dahulu.

Juga dapat memakai daging ayam atau daging sapi sebagai pengganti.

Ikan toman mampu hidup dimana kadar oksigen yang sedikit dan daya tahan yang sangat tinggi seperti lele. Ikan toman ini juga paling populer akan tubuhnya yang mempunyai ukuran besar dan berat yang mencapai 5 kilogram.

Dagingnya pun juga lezat menjadi salah satu ikan kesukaan warga lokal kalimantan. Cara memancing ikan toman ini dapat memakai umpan palsu berupa kayu menyerupai bentuk ikan dengan teknik popping.

Teknik ini biasa di lakukan oleh para pemancing berpengalaman yang sangat efektif. Teknik popping bisa di arahkan ke rumpon atau bawah pohon yang mana jadi sarang ikan toman.

Umpan Ikan Jambal

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Leave a Comment

error: Content is protected !!