Umpan Mancing Belut

Belut termasuk dalam tipe ikan konsumsi yang mengandung banyak protein didalamnya. Belut juga sangat lezat dan gurih meski dimasak dengan menggunakan cara apapun. Tipe ikan yang bernama ilmiah monopterus albus ini tempat aslinya berada di daerah perairan tawar tetapi juga dapat hidup didalam air terbatas kadar oksigen.

Selain itu, ikan ini juga mampu bisa bertahan dengan di dalam lumpur dengan membenamkan diri. Dalam segi makanan, belut dikategorikan sebagai ikan carnivora atau pemakan daging. Makanan favoritnya biasa berupa udang, ikan-ikan kecil, keong dan juga tipe-tipe cacing.

Jenis Umpan Untuk Mancing Belut

Apa saja jenis umpan yang disukai untuk mancing belut?. Memancing belut termasuk dalam kegiatan mancing yang digemari para mancing mania. Kegiatan yang sering disebut sebagai ngurek belut ini memberikan pengalaman dan sensasi luarbiasa saat merasakan tarikan.

Namun tentunya untuk memperoleh ukuran besar, perlu memakai umpan mancing belut yang tepat dan jitu.

Dalam menentukan umpan belut tidak bisa secara asal asalan, karena tak semua tipe umpan disenangi. Daftar umpan dibawah ini dipercaya manjur dan ampuh , sehingga akan sangat mempermudah memancing belut.

Umpan Ikan Mas Subang

1. Keong Sawah

Apakah keong sawah dapat digunakan untuk umpan mancing belut? Jenis umpan berikutnya untuk mencari belut ialah keong sawah. Untuk memakai umpan ini, harap untuk memotong atau mencacah dahulu keong sawah.

Umpan ini akan lebih jitu jika diracik atau campur dengan tepung udang atau kuning telur ayam rebus.

Setelah selesai di racik, langsung masukkan kail yang telah diberi umpan ke dalam lubang belut. Harap untuk memastikan juga mencari lubang dengan benar sebelum memancingnya, jangan salah dengan lubang kepiting atau ular.

Umpan Ikan Jambal

2. Anak katak

Apakah Anak katak atau precil bisa jadi umpan jitu mancing belut?. Precil atau anak katak ialah salah satu mangsa belut di sawah, sehingga sudah jelas bahwa precil sangat pas dijadikan umpan. Hewan ini amat gampang dijumpai di area persawahan, jadi dengan sekali jalan, dapat segera ngurek belut sambil mencari precil sebagai umpannya di sawah.

Hanya saja umpan ini cukup menggelikan sih, atau mungkin beberapa dari orang justru jijik dengan kodok. Tapi tenang saja, jika tidak mau memakai umpan anak kodok, dibawah masih mempunyai alternatif umpan yang lain.

Umpan Ikan Kiper

3. Belalang

Bagaimana cara menggunakan belalang sebagai umpan belut?. Selain beraneka macam umpan diatas, bisa juga menggunakan belalang sebagai bahan umpan belut. Gunakan belalang sawah yang mempunyai ukuran kecil, jangan menggunakan belalang ukuran besar karena pasti tidak muat di mulut belut, kecuali ukuran jumbo.

Kelebihan umpan belut menggunakan belalang tentunya ialah tidak terlalu menggelikan seperti menggunakan anak katak ataupun cacing. Hanya saja populasi belut di sawah pun kini kian sedikit, tidak seperti dahulu kala.

Secara umum, belut bertempat tinggal di daerah perairan berlumpur seperti saluran irigasi, area persawahan, parit dan juga di tepi sungai. Belut sawah umumnya mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan ramping, tidak sama dengan yang di laut karena berukuran lebih besar.

Umpan Ikan Sidat

4. Cacing Tanah

Apakah belut mau makan umpan dari cacing tanah?. Tak ada yang meragukan keampuhan cacing tanah sebagai umpan dalam memancing. Baik itu untuk memancing ikan maupun memancing belut. Apalagi cacing tanah juga mudah dicari sehingga sangat diminati untuk dijadikan umpan dalam memancing.

Cacing tanah juga tak harus diracik dengan campuran yang lain, cukup pasang pada mata pancing dan langsung saja dipakai untuk mancing. Umpan ini sangat dianjurkankan bagi para pemancing belut pemula yang hendak memiliki hasil maksimal.

Memancing belut terbesar dapat dilakukan dengan menentukan lokasi di kawasan tepi sungai. Setidaknya pemancing juga wajib kenal dahulu dengan lubang-lubang yang terdapat di tepi sungai sebelum melakukan aktifitas memancing.

Adapun beberapa ciri lubangnya yakni mempunyai mulut lubang berbentuk bundar dan rapi. Bila mulut lubang bentuknya pipih atau berantakan umumnya penghuni didalamnya ialah kepiting. Selain itu, lubang pada belut akan terdapat banyak air, tetapi tidak jarang kalau air didalam lubang itu naik turun.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Leave a Comment

error: Content is protected !!