Umpan Mancing Ikan Lele

Ikan lele dicirikan dengan kumis dan senjata patil yang sebetulnya ialah sirip tambahan, memiliki gerakan gesit dan suka hidup bergerombol. Gerakan  gesit serta sensasi strike  kuat membuat para mancing mania sangat suka memburunya.

Selain itu kandungan protein yang tinggi membuat ikan lele sekarang banyak dibudidayakan di kolam terpal atau tanah. Harga yang murah dengan rasa  nikmat membuat lele tergolong jenis ikan paling laku di pasaran.

Ikan lele termasuk hewan nokturnal yakni mencari makan dan bergerak lebih aktif pada malam hari. Saat siang biasanya lebih suka masuk kedalam gorong – gorong bawah akar pohon atau bebatuan.

Tips Memancing Ikan Lele agar Dapat Banyak

Jenis lele yang sering digunakan untuk kolam pemancingan adalah dumbo. Sifatnya yang rakus membuat ikan lele dumbo lebih cepat besar dan memberikan sensasi tarikan  memuaskan para pemancing galatama.

Ikan ini juga dipilih sebagai jenis lele yang dibudidayakan karena sifatnya  lebih cepat panen dibandingkan jenis lainnya.

Jika mencari ikan lele liar ada baiknya memancing pada malam hari karena sifat alaminya. Namun untuk jenis lele kolam biasanya mencari makan setiap merasa lapar. Karena sejak kecil sudah dilatih pemberian makan pada pagi dan siang hari.

Pemilihan kail dan senar

Dalam menentukan kail yang digunakan untuk memancing ikan lele memerlukan kail berukuran besar dan kuat serta tajam. Pilihan bisa menggunakan merk maguro atau sesame dengan ukuran antara  delapan sampai 10 tergantung dari target.

Gunakan metode dasaran jika menginginkan makanan lebih cepat dimangsa lele. Jika menggunakan pelampung bisa menggunakan jarak yang jauh agar umpan mampu menjangkau dasar.

Umpan Ikan Gurame Liar

Penentuan tempat

Dalam menentukan tempat memang sedikit susah karena tidak mengetahui keadaan sebelum terisi air. Pastikan menempatkan umpan pada bagian terdalam dari sungai atau kolam karena ikan lele sifatnya suka berada di dasaran.

Jika merasa kesusahan maka dapat mencari tempat yang teduh dengan terdapat lobang menjorok kedalam tanah pada pinggir sungai atau kolam pemancingan. Umumnya ikan lele lebih suka berdiam di dalam lobang tersebut.

Senar pancing tertabrak ikan

Ikan lele yang telah tidak mempunyai selera makan, umumnya pada saat didekat umpan hanya melewatinya saja dan tidak melahapnya. Terkadang hal tersebut membuat senar pancing tertabrak dan pelampung bergoyang.

Pada kondisi ini sebisa mungkin untuk menarik pancing dengan harapan kail tersangkut. Namun jika mengikuti galatama hindari cara ini karena dapat menyebabkan hasil tangkapan terkena diskualifikasi.

Umpan Ikan Betok

Umpan Mancing Ikan Lele Galatama Paling Jitu

Sebenarnya memancing ikan lele tidaklah sulit karena ikan ini tergolong tipe pemakan segala. Namun dengan racikan umpan yang tepat mampu membuat pemancing lebih sering mendapatkan strike dengan ukuran monster saat memancing galatama di kolam.

Umpan racikan daging sapi

Sebelum menggunakan racikan berikut ini pastikan terlebih dahulu tidak terdapat larangan menggunakan daging saat mengikuti galatama. Biasanya peraturan terdapat di samping tempat pendaftaran.

Bahan

  • Daging sapi,
  • Essen aquatic,
  • Pelet udang,

Cara Membuat

  1. Giling daging sapi sampai halus,
  2. Masukkan kedalam wadah lalu campur dengan lima cc essen aquatic.
  3. Tambahkan tepung pelet sedikit demi sedikit sampai umpan racikan mudah dibentuk.

Umpan Ikan Gurame

Racikan cacing sutra

Umpan mancing ikan lele kali ini memakai bahan dasar cacing sutra. Walaupun kecil nyatanya cacing jenis ini jika dilumat dapat menjadi gumpalan pelet yang sangat cocok untuk memancing segala jenis ikan air tawar.

Bahan

  • Cacing sutra
  • Satu butir telur bebek
  • Pelet udang
  • Essen aquatic

Cara Pembuatan

  1. Masukkan satu genggam cacing sutra pada wadah plastik.
  2. Masukkan semua bahan lalu campur menjadi satu.
  3. Agar umpan mancing ikan galatama paling jitu makin manjur bisa menambahkan essen lima sampai sepuluh cc.

Umpan Ikan Lele Harian

Umpan Mancing Ikan Lele Liar

Setelah tahu apa saja umpan mancing ikan lele galatama paling jitu untuk kolam buatan ada baiknya mengetahui umpan mancing ikan lele liar juga. Berikut adalah beberapa umpan yang dapat dicari dengan mudah namun sangat efektif untuk memancing ikan lele liar.

Cacing

Cacing tergolong binatang kecil yang sangat disenangi oleh ikan lele. Menurut beberapa pendapat pemancing mania lele sangat segan tipe cobra dan merah. Untuk tipe cacing tanah bisa memakai jenis lur.

Biasanya kebanyakan pemancing, baik itu pada saat lomba galatama maupun di sungai akan mengaitkan beberapa cacing dalam satu kail pancing sampai bergerombol. Hal tersebut membuat kail seperti bola cacing yang bergerak-gerak sehingga akan menarik perhatian ikan lele untuk melahapnya.

Jangkrik dan Orong – orong

Jangkrik tergolong umpan lele yang sangat disenangi, biasanya binatang kecil ini cukup diandalkan pada saat memancing di sungai maupun di kolam lomba.

Ukuran badannya tidak teramat besar membuat ikan lele berukuran besar mampu sekali makan tanpa harus menyicilnya sedikit demi sedikit.

Lele melihat tubuh utuh orong – orong yang belum sepenuhnya mati, secara tidak langsung membuat lele terpancing dan mendekati bahkan langsung melahapnya.

Katak

Berudu katak bisa menjadi menu utama para ikan lele. Ukuran badannya juga tidak besar, sehingga dapat sekaligus di pasang dalam bentuk utuh di kail pancing.

Tipe umpan yang satu ini sangat pas untuk menarik hati tipe ikan lele jumbo karena ukuran mulutnya yang besar membuatnya mudah melahap umpan ini. Bentuk yang aneh dari berudu mampu membuat lele terpikat dan mendekati.

Usus Ayam

Dari sekian banyak tipe umpan, mungkin tipe inilah yang paling unik karena menggunakan bagian organ dalam hewan. Aroma  menyengat dari usus mampu menyebarkan aroma sampai radius  jauh sehingga ikan lele akan berlomba – lomba untuk berebut makanan satu ini.

Sayangnya umpan ini termasuk jenis yang dilarang dalam galatama. Seandainya diperbolehkan dipastikan mampu membuat orang kewalahan karena terlalu sering strike

Kadal atau Cicak Bakar

Menurut pengalaman beberapa pemancing mania, lele juga sangat sangat suka kadal dan cicak. Hanya saja untuk umpan jenis ini diwajibkan untuk membakarnya terlebih dahulu. Aroma dari kadal dan cicak bakar mampu membuat ikan predator terpikat.

Jadi umpan ini sangat ampuh digunakan pada sungai besar yang mempunyai beragam ikan didalamnya. Untung penggunaan bisa memotong bagian sampai berukuran kecil – kecil sesuaikan dengan jenis dan ukuran ikan yang dipancing.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Leave a Comment

error: Content is protected !!