Umpan Mancing Ikan Wader

Memancing termasuk dalam hobi yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu bersantai dan juga saat piknik. Bagi pecintanya memancing dapat melepaskan penat dan jenuh akibat lelah beraktifitas.

Memancing juga menjadi salah satu media piknik keluarga karena saat ini telah banyak tempat pemancingan yang di desain menarik dan juga nyaman. Memancing di alam bebas termasuk dalam pilihan dari sekian banyak orang, karena biaya yang miring.

Selain itu bisa memperoleh keuntungan lain seperti udara yang masih bersih, pemandangan alami dan bermacam-macam lainnya.

Ikan wader mempunyai ukuran tidak terlalu besar di bandingkan jenis lain tetapi sangat senang makan. Selain itu keberadaannya yang suka hidup berkelompok membuatnya sangat mudah di pancing.

Rasa ikan wader bila di masak sangat nikmat dan gurih serta mengandung gizi tinggi, bila di jual harga yang ditawarkan juga cukup mahal.

Cara Membuat Umpan Ikan Wader Paling Jitu Anti Boncos


Bagaimana cara membuat umpan ikan wader paling jitu?. Ikan wader kerap di dapati di sungai dangkal atau di plengsengan rawa dan danau yang bersih. Lumrahnya ukurannya berkisar antara sebesar ibu jari hingga tiga jari. Namun untuk Ikan wader di rawa dan danau mempunyai ukuran yang lebih gede dari jenis di sungai.

Ikan wader masuk dalam keluarga cyprinidae dan ternyata di seluruh muka bumi terdapat ratusan tipe ikan wader dengan julukannya sendiri-sendiri. Di indonesia sendiri ikan wader mempunyai bermacam-macam julukan seperti cere ( betawi ), paray ( sunda ), beunteur, pantao dan masih banyak yang lainnya julukannya.

Umpan Alami Mancing Ikan Wader

apa saja umpan alami untuk memancing ikan wader? Ikan wader lebih sering hidup di alam bebas tetapi belakangan ini telah ada beberapa orang yang sukses membudidayakannya. Saat di alam bebas sendiri ikan wader cepat dalam berkawin sehingga tersedia banyak bagi para pemancing.

Ikan wader juga mempunyai daya adaptasi yang tinggi dan cepat menyesuaikan dengan beraneka macam tipe lingkungan. Jadi tidak mengherankan jika bisa ditemui di beraneka macam tempat, seperti sungai, danau, rawa dan parit.

Di alam liar ikan wader memiliki sifat omnivora atau pemakan segala, hal ini membuat memancing ikan wader bisa memakai umpan racikan atau umpan alami yang bisa di peroleh di dekat rumah.

Umpan Ikan Keting Sungai

Lumut hijau

Lumut sawah sangat disenangi oleh ikan wader, gunakanlah lumut yang lembut mempunyai warna hijau, jangan lupa tambahlah penyedap rasa sapi supaya baunya lebih keluar dan tekstur menjadi lebih lunak

Ulat Belimbing

Ulat belimbing sering di pakai sebagai umpan untuk mancing ikan wader. Selain gampang ditemukan ulat belimbing mempunyai bau khas dan ukuran yang sesuai di mulut.

Sehingga banyak jenis ikan suka dengan umpan ini termasuk ikan wader. Cara menggunakannya cukup kaitkan kail pada ulat mulai dari kepala hingga bagian ujung ekor.

Umpan Mancing Udang di Sungai

Laron

Laron sering di pakai untuk mancing ikan berukuran kecil seperti wader. Cara memakainya amat gampang, cukup memasangnya pada kail dari kepala hingga ekor. Jangan lupa menghilangkan bagian sayap sebelumnya supaya mudah dikonsumsi oleh ikan.

Cacing

Cacing sangat efektif untuk mancing ikan wader baik di sungai, danau maupun di kolam. Pilihlah cacing yang ukurannya kecil supaya gampang dilahap.

Kroto

Di alam liar ikan wader sering mengkonsumsi serangga terseret di sungai, salah satunya telur semut atau kroto. Pilihlah telur kroto yang masih utuh dan segar supaya cepat dikonsumsi oleh ikan.

Umpan Buatan Mancing Ikan Wader

Pelet

Umpan pelet akan cepat di gunakan di perairan yang tenang seperti telaga dan waduk. teknik memakainya pelet di hancurkan lantas tambahlah air sampai menjadi adonan kenyal agar tak mudah hancur di dalam air. Adonan di bentuk kecil dengan tangan dan sesuaikan dengan kail.

Tempe

Sama seperti tahu, ikan wader sangat suka tempe karena bau dari kedelai tersebut. Tempe sama hebatnya seperti tahu, bahkan kadang sering dapet ikan jenis lain seperti nilem atau tawes jika memakai umpan tempe. Untuk tipsnya bisa menggunakan tempe agak busuk supaya lebih ampuh.

Umpan Ikan Balar

Tahu

Tahu selain enak dikonsumsi juga bisa digunakan untuk mancing ikan wader. Komposisi tahu yang halus serta bau kedelai menyengat sangat disukai oleh ikan di alam bebas.

Cara memakainya amat gampang, cukup ambil secuil tahu lalu kaitkan ke kail. Supaya lebih tahan lama dan tidak hancur saat di dalam air tahu bisa dijemur sebelumnya.

Umpan Racikan Mancing Ikan Wader Paling Jitu

Bahan

  • Tempe,
  • Nasi putih,
  • Bawang putih.

Cara membuat

  1. Tumbuk lembut seluruh bahan diatas dan tambahlah sedikit air hangat.
  2. Jangan terlalu banyak air karena akan membuat adonan umpan encer dan sulit dibentuk.
  3. Setelah adonan umpan jadi, buatlah gumpalan kecil pada mata pancing.

Umpan Ikan Mujair

Umpan Racikan Mancing Wader Harian

Bahan

  • Daun pandan,
  • Pelet/pakan ikan.

Cara pembuatan

  1. Tumbuk atau blender daun pandan lalu diambil airnya saja.
  2. Campur pelet (makanan ikan) dengan air pandan lalu aduk sampai tercampur.
  3. Jangan menggunakan air pandan terlalu banyak supaya pelet mudah dikepal (dibentuk) nantinya.

Umpan Ikan Bandeng

Umpan Racikan Ikan Wader Dari Mie

Bahan

  • Air panas,
  • Mie instan,
  • Essen perasa nangka atau durian.

Cara membuat

  1. Tumbuk mie instan sampai halus.
  2. Seduh dengan air panas secukupnya.
  3. Aduk sampai jadi adonan yang mudah dibulatkan.
  4. Masukan 2 sampai 3 teteh sari buah sebagai esen.

Umpan Ikan Baung

Umpan mancing Ikan Wader dari Jagung

Bahan

  • Mentega,
  • Jagung muda,
  • Essen rasa nangka atau durian.

Cara Membuat

  1. Jagung muda di parut sampai lembut.
  2. Parutan jagung di kukus sampai mateng.
  3. Aduk sampai jadi adonan keras.
  4. Campurkan sedikit mentega dan aduk sampat adonan mudah di lingkarankan.
  5. Campurkan essen perasa nangka atau durian.
  6. Umpan siap di pakai, Apabila racikan terlalu lembek bisa di tambahlah kinoy kristal.

 

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Terima sudah memberi ulasan terbaik

Share ke media sosial untuk berbagi informasi

Leave a Comment

error: Content is protected !!